June 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bahaya Sampah Plastik pada Kesehatan Manusia dan Lingkungan

2 min read

JAKARTA – Plastik yang penggunaannya telah digunakan manusia di berbagai keperluan mulai dari perabotan, hingga kemasan beberapa waktu belakangan kian menyisakan gunungan sampah yang terus menjadi masalah.

Perubahan budaya dan peradaban yang memanfaatkan peran plastik, membuat manusia semakin lama semakin ketergantungan dengan keberadaan plastik.

Tentu saja, plastik dengan segala manfaatnya membawa sisi negatif yang sangat merugikan manusia serta lingkungannya.

Dihimpun dari beberapa sumber, berikut dampak negatif sampah plastik terhadap manusia dan lingkungannya :

 

  1. Pencemaran Air

– Sampah plastik yang dibuang sembarangan berpotensi merusak dan mencemari air. Plastik membawa zat kimia seperti bifenil poliklorinasi dan pestisida, yang dapat mengontaminasi air dan meracuni habitat makhluk hidup di sekitarnya.

– Ketika hewan laut mengonsumsi plastik, racun ini juga dapat masuk ke dalam tubuh manusia jika hewan laut tersebut diolah dan dikonsumsi.

 

  1. Pencemaran Tanah

– Partikel mikroplastik, logam berat, dan zat kimia hasil dari proses penguraian plastik dapat masuk ke dalam lapisan tanah dan menempel pada tumbuhan yang kita konsumsi, seperti sayuran dan buah-buahan.

– Kontaminasi ini meningkatkan risiko terjadinya berbagai jenis penyakit dan dapat membuat kondisi tanah menjadi tidak subur.

 

  1. Pencemaran Udara

– Proses pembakaran sampah plastik secara terbuka menghasilkan polusi udara. Partikel mikroplastik, logam berat seperti kadmium dan timbal, serta bifenil poliklorinasi terlepas dan mencemari udara.

– Polusi udara ini berdampak buruk pada kesehatan manusia, terutama sistem pernapasan.

 

Kesimpulan

Sampah plastik memiliki dampak serius bagi lingkungan dan kesehatan kita. Oleh karena itu, kita perlu mengurangi penggunaan plastik, mendaur ulang, dan memastikan pembuangan plastik yang bijaksana.

Semua orang memiliki peran penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesehatan kita. []

 

Advertisement
Advertisement