April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bakteri Coliform Ditemukan Di Beberapa Rumah Makan Cepat Saji Hong Kong

1 min read

HONG KONG – Dinas pengawasan makanan dan obat-obatan Hong Kong mempublikasikan telah menemukan bakteri coliform pada es batu di beberapa rumah makan cepat saji di Hong Kong. Keberadaan bakteri coliform yang mereka temukan sudah diatas ambang batas yang ditentukan oleh aturan di Hong Kong.

Seperti dilansir dari Apple Daily, beberapa sampel yang diambil dari es batu yang disajikan sebuah rumah makan cepat saji ternama di Fanling, Tsuen Wan, serta beberapa distrik lainnya menunjukkan kandungan bakteri Coliform dalam es batu yang mereka sajikan telah melebihi 50% diatas batas maksimal yang diperbolehkan.

Bahaya dari berlebihannya bakteri ini akan mengakibatkan seseorang yang mengkonsumsi bisa menderita kanker.

Bakteri Coliform diijinkan oleh atran di Hong Kong digunakan dalam es batu atau air mineral dengan maksud untuk mengontrol   adanya bakteri patogen lain, misalnya, Shigella, yang mengakibatkan diare hingga muntaber pada manusia. Batas maksimal yang diperbolehkan di Hong Kong, adalah 100 unit pembentuk koloni per 100 ml.

Jika penggunaan bakteri ini diatas batas maksimal yang telah ditentukan, bakteri tersebut akan mengendap dalam pencernaan manusia dikarenakan jumlah koloninya yang pasti berkorelasi positif dengan keberadaan bakteri patogen. Jika sudah demikian, pelan tapi pasti, seseorang akan menderita kanker dalam tubuhnya.

Beruntung, satuan pengawas obat dan makanan Hoong Kong bertindak cepat. Mereka langsung memberikan teguran, hingga beberapa gerai rumah makan cepat saji ternama tersebut ,elakukan perubahan. [Asa/Apple]

Advertisement
Advertisement