September 18, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Banyak yang Alami Trauma, Polresta Malang Lakukan Trauma Healing pada Korban Corona

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

MALANG – Polresta Malang kini mulai melakukan trauma healing bagi pasien positif Covid-19. Program bertajuk Sama Ramah (Satgas Malang Raya Trauma Healing) itu diluncurkan Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto bersama Forkopimda Kota Malang melalui Apel gabungan di Halaman Mapolresta, Rabu (28 /07/2021)

Apel tersebut dipimpin langsung Wali Kota Malang, Sutiaji dan Komandan Apel AKP Suwarno yang keseharian menjabat Wakasat Lantas Polresta Malang Kota. Apel diikuti sekitar 80 orang.

“Atas nama masyarakat Arema yang kita cintai, kami berterima kasih kepada bapak Kapolresta Malang Kota yang telah menginisiasi kegiatan ini dan akan menjadi pilot project ke depan,” ungkap Sutiaji.

Ia menambahkan, kegiatan trauma healing ini pernah di temui di medsos namun masih minim dan tidak banyak, hanya satu daerah saja. “Saat ini banyak varian Covid-19 yang luar biasa, oleh karena itu kami bersama dengan jajaran samping terus melakukan inovasi, bahwa Covid-19 ini bukan hanya urusan pemerintah saja namun juga menjadi urusan semua masyarakat,” kata wali kota.

Selain literasi terkait kepatuhan terhadap Prokes yang harus digalakkan di masyarakat, ia bersama jajaran Forkopimda Kota Malang berharap bisa  membantu masyarakat yang menjadi korban Covid-19. “Kami harapkan seluruh psikolog dari masing-masing instansi baik pemerintah daerah, Polresta, Kodim, dll, dapat memberikan literasi terkait trauma healing bagi korban Covid-19,” ajaknya.

Ia mengungkapkan tidak ada perbedaan antara pejabat dan masyarakat. “Mudah-mudahan dengan di launchingnya Sama Ramah ini dapat membantu masyarakat di Kota Malang ini. Terima kasih kepada Kapolresta Malang Kota karena telah menyebar Bhabinkamtibmas di masing-masing kelurahan di wilayah Kota Malang dalam membantu menangani Covid-19,” pungkasnya

Kapolresta menambahkan, penuntasan Covid-19 harus paralel dari saat sebelum dan setelah. Mulai pencegahan, pembagian masker,  saat  vaksinasi massal , saat pembagian bansos serta trauma healing.[]

Advertisement
Advertisement