July 20, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Beberapa Vitamin yang Dapat Menjaga Kesehatan Pernafasan

3 min read

JAKARTA – Sistem pernapasan menjadi bagian yang terpenting dalam tubuh. Makanya menjaga kesehatannya hal yang wajib dilakukan setiap orang.

Dikutip dari halodoc.com, salah satu langkah efektif dalam memelihara kesehatan tubuh adalah melindungi dan menjaga kesehatan sistem pernapasan.

Memelihara organ pernapasan seperti paru-paru sama pentingnya dengan menjaga kesehatan sendi, jantung, dan organ vital lainnya. Jika tidak dijaga dengan baik, kerusakan sistem pernapasan membuat kamu kesulitan bernapas.

Untuk menjaga sistem pernapasan ini banyak yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan mengonsumsi jenis vitamin tertentu.

Melansir hellosehat.com, berikut beberapa jenis vitamin yang sehat untuk pernapasan Anda:

  1. Vitamin D

Vitamin D tidak hanya menjaga tulang tetap sehat, tetapi juga baik untuk sistem pernapasan.

Zat gizi ini memberi perlindungan terhadap infeksi bakteri, mempercepat proses penyembuhan luka, dan mendukung saluran pernapasan untuk bekerja dengan normal.

Anak-anak yang mengidap asma diketahui memperoleh asupan vitamin D yang rendah. Risiko terjadinya asma juga berkaitan dengan kurangnya asupan vitamin D selama kehamilan.

Hal tersebut dapat menghambat perkembangan paru-paru janin dan meningkatkan risiko asma pada anak tersebut saat berusia enam tahun.

Sinar matahari merupakan sumber utama vitamin D. Namun, Anda juga bisa memperoleh vitamin untuk mencegah sesak napas ini dari ikan, telur, keju, dan produk olahan susu.

 

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin larut air yang mendukung kekuatan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari zat berbahaya.

Dengan meningkatkan asupan vitamin C pada makanan, Anda dapat mengurangi risiko terkena masalah pernapasan, seperti asma.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients (2015), vitamin C sangat bermanfaat untuk perawatan sekaligus pencegahan kekambuhan gejala pada pengidap asma.

 

Vitamin untuk penderita asma ini diketahui dapat meningkatkan fungsi saluran pernapasan dan mengurangi stres oksidatif yang bisa memicu kerusakan sel dan jaringan.

Beberapa contoh buah tinggi vitamin C yakni jeruk, stroberi, mangga, kiwi, dan jambu biji. Sayuran berdaun hijau juga bisa menjadi sumber vitamin C yang menyehatkan.

 

  1. Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Di dalam tubuh, vitamin ini bertugas untuk mendukung perkembangan janin, kekebalan tubuh, dan pembelahan sel.

Menurut studi pada 2018 yang dilakukan Luiss Torres dkk., vitamin A dibutuhkan untuk perkembangan sistem pernapasan, pemeliharaan jaringan, dan regenerasi sel.

 

Kekurangan vitamin A selama kehamilan diketahui meningkatkan risiko anak-anak mengalami gangguan pernapasan pada tahap kehidupan berikutnya.

Anda dapat memenuhi zat gizi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, brokoli, bayam, paprika, pepaya, hati sapi, dan telur

 

  1. Vitamin E

Selain vitamin C, vitamin E juga baik untuk saluran pernapasan. Keduanya akan bekerja sama mengurangi peradangan yang disebabkan oleh stres oksidatif di dalam tubuh.

Hasil penelitian awal dari University of North Carolina School of Medicine menunjukkan vitamin E dapat mengurangi peradangan eosinofilik yang umum terjadi pada pasien asma.

Selain itu, studi lain juga menemukan bahwa asupan vitamin E yang rendah selama kehamilan bisa meningkatkan risiko alergi pada ibu dan perkembangan asma pada bayinya.

Untungnya, hampir semua kacang-kacangan yang mudah Anda temukan, misalnya almon atau kenari, merupakan sumber vitamin E yang baik untuk tubuh.

Anda bisa menikmatinya dengan beragam sajian, misalnya dikonsumsi secara langsung atau dijadikan topping pada yoghurt dan salad.

Nah, itulah beberapa jenis vitamin yang bisa Telisikers konsumsi untuk menjaga sistem ppencernaan. Semoga bermanfaat.  []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply