June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Begini Cara Benar Mencuci Bra Menurut Pakar Kesehatan

2 min read

JAKARTA – Wanita tentu sudah tak asing lagi dengan bra. Yups, pakaian dalaman ini rupanya tak boleh asal cuci lho. Beberapa pakar kesehatan berpendapat jika bra memiliki aturan tersendiri saat mencucinya.

Dikutip dari Kompas.com, penulis The Bra Book, Jene Luciani mengatakan kepada Apartment Therapy bahwa bertentangan dengan kepercayaan umum, bra harus dicuci setelah digunakan.

Luciani mengatakan bahwa ini bukan hanya tentang kebersihan, scrub biasa membantu menjaga bra berfungsi sebagaimana mestinya. Bra mengumpulkan banyak sekali keringat, kotoran, dan elemen dari udara, yang sebenarnya dapat mengurangi masa pakai bra dengan memengaruhi elastisitas dan bahan lainnya.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, hanya 4,5 persen perempuan yang benar-benar merawat dan mencuci bra dengan benar.

Ilmuwan senior Sammy Wang mengatakan, bra bersentuhan langsung dengan kulit selama dikenakan, ia merekomendasikan untuk mencuci bra setiap beberapa kali pakai.

“Tubuh kita mengeluarkan kotoran seperti keringat, sebum, dan sel-sel kulit sepanjang hari dan memindahkannya ke pakaian yang menyentuh kulit kita termasuk bra. Keringat khususnya diserap oleh bra, yang menumpuk menjadi residu dan bau,” katanya seperti dilansir dari Tempo.co.

Seorang spesialis produk dari The Laundress, Madeline Miller juga setuju dan menyarankan sebaiknya bra dicuci setelah 2-3 kali pemakaian.

“Secara umum, pakaian dalam berenda yang halus dapat dicuci lebih jarang jika digunakan untuk ‘acara-acara khusus’, sementara bahan sintetis dan katun sehari-hari dapat dicuci secara teratur,” ujarnya.

Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah bra olahraga, kata Beth McCallum, ahli kebersihan dan penulis untuk situs Oh So Spotless “Kamu harus mencucinya setiap kali dipakai karena itu akan lebih berkeringat,” katanya.

Namun, tak semua pakar kesehatan setuju akan hal itu, mencuci bra secara berlebihan dapat merusak elastisitas, yang penting untuk memberikan dukungan yang tepat, jelas Lexie Sachs, analis produk di Lab Tekstil Good Housekeeping Institute.

Menurut Sachs, mencuci bra setelah setiap beberapa kali pemakaian seharusnya sudah cukup. Akan tetapi, tergantung pada tingkat aktivitas Anda. Apabila Anda banyak berkeringat atau sehabis berolahraga, ada baiknya mencuci bra Anda setelah itu dan jangan dikenakan lagi hingga dicuci. []

Advertisement
Advertisement