January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Betapa Utamanya Sikap Meminta Maaf, Begini Islam Mengajarkan

3 min read

JAKARTA – Meminta maaf bukanlah hal yang mudah, bila sebagian orang lain meminta maaf itu terlihat mudah hanya dengan ucapan. Nyatanya meminta maaf membutuhkan keberanian yang luar biasa. Dalam kasus yang lebih buruk, masih banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana cara meminta maaf yang baik dalam Islam.

Oleh karena itu, terdapat hadist yang menerangkan bagaimana meminta maaf yang telah dicontohkan Rasulullah SAW. Dengan permintaan maaf yang baik, akan menunjukkan bahwa kita meminta maaf dengan tulus dan menghargai sebuah hubungan.

Al-Qur’an dapat menjadi obat dan penyembuh penyakit mental atau penyakit hati. Al-Qur’an hadir sebagai pembelajaran, khususnya ketika kita berbuat kesalahan maupun meminta maaf.

 

Hadits Tentang Meminta Maaf

Menurut Quraish Shihab, tidak ditemukan perintah khusus untuk minta maaf, namun hal tersebut ditemukan perintah agar berusaha di halalkan dosa-dosa kepada seseorang, yang berarti seseorang yang minta maaf atau di maafkan.

Terdapat beberapa hadits tentang meminta maaf, sebagai berikut:

  1. Hadits Tentang Meminta Maaf dan Kezaliman

Abu Hurairah berkata, telah bersabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa pernah melakukan kezaliman terhadap saudaranya, baik menyangkut kehormatannya atau sesuatu yang lain, maka hendaklah ia minta dihalalkan darinya hari ini, sebelum dinar dan dirham tidak berguna lagi (hari kiamat).

“(Kelak) jika dia memiliki amal saleh, akan diambil darinya seukuran kezalimannya. Dan jika dia tidak mempunyai kebaikan (lagi), akan diambil dari keburukan saudara (yang dizalimi) kemudian dibebankan kepadanya.” (HR Bukhari).

Hal positif yang semestinya dilakukan oleh umat muslim untuk menghapus perbuatan dosa adalah dengan meminta maaf. Hal ini akan berguna untuk meredam amarah diri orang yang telah didzalimi.

 

  1. Hadits Tentang Meminta Maaf Lebih Dulu

“Sedekah itu tidak mengurangi harta dan tidaklah Allah menambah bagi seorang hamba dengan pemberian maafnya (kepada saudaranya) kecuali kemuliaan di dunia dan akhirat, serta tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah kecuali Dia akan meninggikan derajat-Nya di dunia dan akhirat.”

Dalam hadits ini juga dijelaskan bahwa Allah menambah baginya serta meninggikan derajat-Nya di dunia dan akhirat seorang hamba yang meminta maaf dan memaafkan saudaranya.

 

  1. Hadits Tentang Meminta Maaf dan Kemuliaan

Di dalam riwayat lainnya, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah Allah memberi tambahan kepada seseorang hamba yang suka memberi maaf melainkan kemuliaan.” (HR. Muslim)

Dan hadits lain yang masih memiliki keterkaitan dengan hal ini adalah: “Tidak halal bagi seorang mukmin untuk tak bersapaan dgn saudaranya (sesama muslim) lebih dari tiga hari.” (HR Muslim)

 

Cara Meminta Maaf yang Baik Dalam Islam

Berikut adalah cara meminta maaf yang baik dengan benar dalam Islam :

Mengakui Kesalahan

Tahapan pertama adalah dengan menyadari dan mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Tentunya hal ini dengan pemahaman yang tepat. Karena untuk apa kita hanya mengucapkan kata maaf, namun tidak disertai dengan kesadaran bahwa kita telah menyakiti orang lain. Meminta maaf merupakan salah satu cara bertaubat.

 

Mengungkapkan Permintaan Maaf dan Penyesalan

Ungkapkan permintaan maaf dan penyesalan dengan apa yang telah dibuat. Sampaikan bahwa kamu sungguh menyesali atas perbuatan yang menyakiti hatinya. Hal ini menunjukkan ketulusan dari diri kamu serta menunjukkan penyesalan, dan berharap kedepannya tidak ada kesalahan seperti ini lagi. Ketahui doa mengontrol emosi dalam Islam.

 

Buktikan Dengan Tindakan

Mengutarakan permintaan maaf harus disertai dengan pembuktian, yakni dengan tindakan. Bukan hanya sekedar ucapan, namun juga memperbaiki kesalahan tersebut. Hal ini akan membawa dampak besar dengan memperkuat hubungan dengan orang tersebut.

Contoh ini bisa dengan menawarkan solusi, sehingga orang lain dapat merasakan niat kita untuk memperbaiki hubungan. Ketahui cara agar terhindar perselishan antar muslim.

 

  1. Berubah Menjadi Lebih Baik

Cara meminta maaf yang baik selanjutnya adalah dengan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Karena mengucapkan kata maaf saja tidak cukup, sampaikan kepadanya bahwa kamu tidak akan mengulangi kesalahan seperti itu lagi.

Buktikan bahwa kedepannya kamu akan belajar dari kesalahan tersebut. Dengan berubah menjadi lebih baik juga akan merubah sifat kita, dengan lebih menjaga kata-kata dan tindakan agar tidak menyakiti orang lain. Kenali hukum dalam Islam jika tidak mau memaafkan.

 

Keutamaan Meminta Maaf

Dalam Alquran Allah SWT berfirman keutamaan memaafkan dalam Islam:

(Khużil-‘afwa wa`mur bil-‘urfi wa a’riḍ ‘anil-jāhilīn)

Artinya: “Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (QS Al-A’raf: 199)

Sungguh permintaan maaf dan memaafkan sangat dimuliakan dalam Islam. Sebab tidak diperkenankan bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya di lebih dari tiga hari. Ketika meminta maaf dan memaafkan akan timbul kelegaan hati dari salah satu diantara mereka.

Tentu menjadikan suasana menjadi lebih indah dengan saling maaf memaafkan. Demikianlah informasi yang telah disampaikan cara meminta maaf yang baik dalam Islam. Perlu diketahui bahwa permintaan maaf yang tulus adalah menyesali dan belajar untuk menjadi lebih baik. []

Sumber Islamic Base

Advertisement
Advertisement