January 28, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bibir dan Wajah membiru ? Awas, Paru-Paru Basah, Begini Gejala Lengkapnya

1 min read

JAKARTA – Salah satu penyakit yang dialami seseorang baik laki-laki maupun perempuan adalah paru-paru basah. Penyakit satu ini adalah salah satu jenis penyakit paru-paru yang dikenal juga sebagai pneumonia.

Dikutip dari alodokter.com, paru-paru basah sebenarnya adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan adanya peradangan pada paru-paru, yang menyebabkan terbentuknya timbunan cairan di jaringan paru.

Paru-paru basah merupakan kondisi yang terjadi akibat peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Umumnya, kondisi tersebut bisa terjadi karena terdapat infeksi, baik infeksi bakteri, virus, maupun jamur, pada paru-paru.

Banyak tanda-tanda yang menunjukkan seseorang menderita paru-paru basah, namun diantara tanda tersebut ada beberapa tanda peringatan paru-paru basah butuh bantuan medis segera.

Melansir Kompas.com dari NHS, berikut beberapa tanda peringatan paru-paru basah butuh bantuan medis segera:

 

  1. Kesulitan bernapas
  2. Batuk berdarah
  3. Memiliki bibir biru atau wajah biru
  4. Merasa dingin dan berkeringat, dengan kulit pucat atau berjerawat
  5. Pingsan atau tidak sadarkan diri
  6. Kebingungan atau tidak bisa berpikir jernih
  7. Telah berhenti buang air kecil atau buang air kecil jauh lebih sedikit dari biasanya

 

Nah, itulah beberapa tanda peringatan paru-paru basah butuh bantuan medis segera. Semoga dengan mendapatkan bantuan medis secepat mungkin, penderita paru-paru basah bisa cepat tertangani dengan baik. Semoga Bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement