July 20, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bisa Menjadi Penyebab Kanker, Deretan Sayur Sayur Berikut ini Tidak Boleh Dipanasi

2 min read

JAKARTA – Konsumsi sayur dan buah secara rutin merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Namun, perlu Anda ketahui jika ada beberapa sayur yang tidak boleh dipanaskan ulang ketika tidak habis disantap.

Mengapa demikian? Rupanya, ada beberapa jenis sayur yang dapat menjadi racun atau tidak lagi memiliki nutrisi, bahkan berbahaya bagi kesehatan, ketika kembali dipanaskan untuk disantap.

 

  1. Sayur bayam

Dilansir dari Kompas.com, bayam mengadung nitrat dan zat besi. Memanaskan ulang sayuran ini akan mengoksidasi zat besi. Oksidasi zat besi akan menghasilkan radikal bebas dan berbahaya dalam bayam yang merupakan pemicu banyak penyakit, salah satunya kanker.

 

  1. Seledri

Selanjutnya adalah seledri. Serupa dengan bayam, mengandung kandungan nitrat yang tinggi dan bisa menjadi racun ketika dipanaskan kembali. Nitrat yang dikandung akan berubah menjadi nitrit dan memicu komplikasi kejang, bahkan kematian.

 

  1. Jamur

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, jamur masuk ke dalam golongan sayur yang tidak boleh dipanaskan ulang. Jamur memiliki kandungan protein yang cukup banyak, dan bisa berubah strukturnya ketika dipanaskan kembali.

Ketika dipanaskan dan dikonsumsi, jamur bisa memicu masalah pencernaan, bahkan dapat memicu masalah jantung serius.

 

  1. Kentang

Kentang mengandung vitamin B, potasium, dan vitamin C. Jika dipanaskan berulang, sayuran ini bisa menghasilkan clostridium botolinum atau bakteri penyebab botulisme.

Botulisme atau keracunan makanan ini umumnya disebabkan oleh makanan kaleng. Namun, bisa juga muncul dari kentang. Tidak semua masakan kentang menyebabkan bakteri ini bila dipanaskan berulang.

 

  1. Kangkung

 

Sayur kangkung yang dipanaskan kembali dapat mengandung nitrit dan zat karsinogen. Oleh karenanya, disarankan untuk tidak memanaskannya kembali sebelum disantap.

 

  1. Brokoli

Sayuran berikutnya adalah brokoli. Sayur hijau ini juga masuk dalam kelompok makanan dengan kandungan nitrat yang tinggi. Nitrat sebenanya banyak manfaatnya. Namun ketika dipanaskan, nitrat akan berubah menjadi racun dan dapat berefek buruk untuk tubuh.

 

  1. Wortel dan Lobak

Kandungan nitrat yang tinggi dalam dua jenis sayuran ini juga menjadi alasan utama kenapa wortel dan lobak tidak boleh dipanaskan kembali. []

Advertisement
Advertisement