December 5, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

“Bu, Aku Ingin Sepeda dari Bapak Presiden”

2 min read
-

HONG KONG – Tampaknya, kuis berhadiah sepeda ala Presiden Joko Widodo telah melegenda di kalangan masyarakat Indonesia. Cerita tentang perjuangan Romlah, pekerja migran Indonesia (PMI) peraih hadiah sepeda dari Presiden menjadi salah satu buktinya.

PMI yang bekerja di Makau itu sebetulnya diundang oleh Konsul Jenderal Tri Tharyat untuk menghadiri acara penyerahan simbolis hadiah sepeda di Hong Kong, Jumat (12/5). Namun, karena baru selesai kerja jam 16.00, PMI asal Jombang, Jawa Timur, itupun tak bisa memenuhi undangan tersebut. Sebab, acara penyerahan hadiah akan dilakukan di Ruang Ramayana KJRI Hong Kong pada jam yang sama.

“Paling cepat, dia bisa tiba di Hong Kong jam 6 (18.00),” kata Konjen Tri Tharyat.

Namun, kepada Konjen Tri Tharyat perempuan yang biasa dipanggil Jus Jus itu sempat mengungkap cerita mengharukan dibalik keberhasilannya menggondol hadiah sepeda dari Presiden Jokowi. “Beliau sampaikan, itu impian Beliau. Dia sudah bilang ke anaknya, ‘Nak, akan ibu upayakan dapetin sepeda buat Kamu’,” kata Tri Tharyat.

Anak Romlah berumur sekitar 13 tahun. Sebelum acara Temu Kangen dimulai, kepada ibunya sang anak berpesan, “Bu, aku ingin sepeda dari bapak Presiden.”

Di hari penyelenggaran acara Temu Kangen Presiden Jokowi dengan warga Indonesia di Hong Kong, Romlah tidak libur. Dia bekerja shift malam di sebuah hotel di Makau.

Tanpa beristirahat terlebih dulu setelah semalaman bekerja, Begitu selesai kerja, PMI Makau “alumni” Hong Kong langsung melaut menuju Hong Kong. “Dia baru bisa masuk gedung jam 12.00 karena antrean dan pengamanan. Dia dapat tempat duduk di 2 rows (baris) paling belakang,” ujar Tri Tharyat.

Dari baris paling belakang di ruang acara, Romlah yang mengenakan busana bermotif merah-putih dan berpeci hitam itu menunjukkan upaya yang luar biasa untuk mewujudkan janji kepada anaknya: mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi. Sebanyak 3 lapis pengamanan pun diterobosnya.

“Pada akhirnya, faktor keberuntungan juga, Presiden menunjuk Beliau (Romlah). Jadi, mbak Jus Jus yang memperoleh kesempatan yang sangat berharga itu,” kata Tri Tharyat.

Dan, hadiah sepeda yang diimpikan pun menjadi milik anak kesayangannya. Plus, bonus bisa berfoto bareng Presiden Jokowi disaksikan ribuan orang. [Razak]

Advertisement
Advertisement