November 25, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bukan Yang Kuat Yang Bertahan, Tapi Yang Bisa Menyesuaikan Diri

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat melibas sejumlah pekerjaan konvensional. Bahkan diprediksi sejumlah lapak pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot dalam beberapa tahun mendatang.

Penemuan demi penemuan yang dilakukan memiliki tujuan agar terjadi efisiensi, mempermudah. Namun dari penemuan teramat mungkin menggoyahkan keseimbangan dari sesuatu. Entah itu dari bisnis yang sudah mapan, pekerjaan yang telah digeluti, kebiasaan, dan lain-lain. Manusia dijadikan penonton gratis dan meratapi nasibnya.

Lihatlah kontur dunia kekinian. Bandingkan dengan masa 10, 20, 30, 40, 50 tahun yang lalu. Tentu ada perubahan yang tersisipi dari setiap fase waktu tersebut. Pertanyaannya akankah  Anda beradaptasi dengan zaman atau tidak.

Charles Darwin ilmuwan termasyhur pernah mengungkap, “Bukan yang kuat yang bertahan, tapi yang bisa menyesuaikan diri.”

Sudah adaptifkah kita? Itulah mengapa dunia pendidikan harus terus menyesuaikan diri. Karena bisa jadi contoh kasus yang diterapkan telah usang dan tidak berlaku. Itulah mengapa dunia bisnis harus melakukan evaluasi dan membuat prediksi.

Mengevaluasi dengan angka-angka empirik mengenai sinyal penurunan dan trend yang berlaku. Membuat prediksi dengan melihat tanda-tanda zaman. Dan sekali lagi, sudah siapkah Anda dengan keadaan ini?

You can’t change the wind direction but you can change the wing direction. Sudahkah Anda melihat “perubahan arah angin” itu? Jika sudah melihat “perubahan arah angin” itu akankah Anda mengubah “arah sayap” Anda? Semua terlihat di depan mata, dan kenyataannya itu terkesan lewat begitu saja. Apakah karena Anda tidak siapkah? Apakah karena Anda tidak yakin akan kemampuan Andakah? Atau Anda merasa semua itu tidak begitu penting, dan Anda kelak menyesal kemudian.

Persiapkanlah diri Anda! Tak ada kata terlambat. Rubahlah arah sayap Anda mengikuti perubahan arah angin, dan Anda akan merasa siap di setiap kondisi perubahan yang ada. []

Penulis Zoel Rachman

Advertisement