July 1, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Bupati Ponorogo Janji Percepat Perbaikan Jalan Desa

1 min read

HONG KONG – Saat berdialog dengan ratusan pekerja migran Indonesia (PMI) Hong Kong asal Ponorogo di Aula St Paul pada Minggu (19/3) lalu, Bupati Ipong Muchlissoni mengakui bahwa kondisi jalan-jalan desa di daerah yang dipimpinnya dalam keadaan memprihatinkan. Jalan-jalan rusak tersebut, ada di mana-mana.

“Jalan-jalan di Ponorogo memang kondisinya parah, 80 persen kondisinya rusak,” kata Ipong.

Karena sadar akan ditanyakan soal kerusakan jalan desa, Bupati Ipong sengaja mengajak Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Jamus Kunto, saat kunjungannya ke Hong Kong. “Saya juga bawa Kepala Dinas PU, karena saya tahu, neng ndeso (di desa) masing-masing podo mengeluh, jalane elek kabeh (jalannya jelek semua). Pak Jamus juga hadir di sini,” ujarnya.

Ia berjanji, akan segera memperbaiki jalan-jalan rusak tersebut. “Mulai tahun 2017, saya membuat program Percepatan Pembangunan Jalan-Jalan Desa,” ujar Ipong.

Melalui program percepatan tersebut, setiap desa diberikan anggaran paling kurang Rp300 juta per desa per tahun. Menurut Bupati Ipong, program perbaikan jalan-jalan rusak di desa-desa Ponorogo sudah dimulai Pemerintah Kabupaten sejak akhir 2016 lalu.

“Insyaallah, dua tahun lagi mulih (pulang kampung) Ponorogo mulus jalannya,” kata Ipong.

apa yang diprediksi Bupati Ipong terjadi. Saat sesi dialog, seorang pekerja migran Indonesia (PMI) bernama Nurhayati mempertanyakan hal itu. “Adakah prioritas untuk pembenahan jalan-jalan desa oleh Pemerintah?” ujarnya. [razak/hanna/anna]

Advertisement
Advertisement