June 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cara Mudah Mengecilkan Perut Tanpa Harus Olah Raga

3 min read

JAKARTA – Perut buncit menjadi permasalahn bagi sebagian orang. Pasalnya, perut buncit tak jarang menandakan kondisi kesehatan hingga mengganggu penampilan seseorang.

Tidak hanya itu, kondisi ini ternyata tidak sehat dan memicu penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan bahkan kanker di kemudian hari.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perut buncit, terutama perilaku keseharian yang Anda sadari maupun yang tidak disadari.

Kata dr Zaidul Akbar, penyebab perut buncit muncul adalah banyaknya lemak yang menumpuk.

Masalahnya, kebanyakan manusia kurang memahami betul sistem metabolisme tubuh sehingga asal makan dan mendadak panik ketika perut terlancur buncit. Terlalu banyak konsumsi glukosa juga menjadi penyebab perut buncit.

“Glukosa kalau dimakan kalau gak kepakai jadi glikogen kalau glikogen gak kepakai jadi lemak,” jelas dr  Zaidul Akbar.

“Glukosa itu apa? nasi, tepung, gula, itu glukosa,” tambah dr Zaidul Akbar, dilansir dari Serambinews.

Selanjutnya, faktor yang membuat perut buncit disebabkan oleh kelebihan kalori.

Kelebihan kalori ini pada akhirnya dapat membuat lipatan pada bagian perut dan pinggang.

“Tanda-tanda kalau kita sudah kelebihan energi atau kalori adalah banyak lipatan di perut pinggang gitu kan, nah itu mulailah kurangi makanan-makanan yang tinggi kalori,” katanya.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut buncit?

Ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar membagikan cara mengecilkan perut buncit.

Cara mengecilkan perut buncit disampaikan dr Zaidul Akbar dalam kanal YouTube Bisikan.com dengan Judul “Lakukan Ini Untuk Kecilkan Perut Buncit di Rumah Tanpa Olahraga”.

Agar perut buncit segera kempes dan rata kembali dr Zaidul Akbar menyarankan 5 hal ini.

Ada beberapa cara untuk mengecilkan perut buncit menurut dr Zaidul Akbar seperti rutin berpuasa, kurangi porsi makan, mulai beralih ke sayur dan buah, mengurangi konsumsi nasi dan gula atau bahkan berhenti mengonsumsinya akan jauh lebih baik.

“Puasa-lah, jangan banyak makan, kalau makan pun coba mulai beralih ke sayur atau buah, tadi kayak nasi kurangi, gula kurangi atau stop lebih baik. Nanti kempes sendiri kok, kempes sendiri Insya Allah,” kata dr Zaidul Akbar dikutip Serambinews.com.

Apabila cara tersebut rutin dilakukan, perut buncit akan kempes dengan sendirinya tanpa melakukan olahraga.

Dilansir dari Aladokter.com, menurut penelitian, waktu dan kualitas tidur turut berpengaruh pada meningkatnya jumlah jaringan lemak di perut. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa orang yang kurang tidur atau justru tidur terlalu lama memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan lemak dan berat badan.

Maka dari itu, cukupi kebutuhan tidur selama 7 jam per hari dan usahakan untuk konsisten menjaga waktu tidur Anda. Hal tersebut tentu dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di tubuh, terutama di daerah perut yang buncit.

Tak hanya itu, stres juga sering dikaitkan sebagai salah satu penyebab menumpuknya lemak di perut. Saat Anda stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon stres (kortisol) secara berlebihan.

Pelepasan hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut. Untuk meredakan stres, Anda disarankan melakukan meditasi dan yoga secara rutin.

Perlu diingat, selain beberapa cara di atas, cara mengecilkan perut buncit yang juga efektif adalah dengan memperbaiki pola hidup, terutama dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, mengurangi konsumsi karbohidrat, dan memperbanyak konsumsi protein, menghindari rokok, serta minuman beralkohol. []

Advertisement
Advertisement