July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cuaca Bertambah Buruk, Signal T10 Berpotensi Akan Diaktifkan

2 min read

HONG KONG – Topan Super Saola kini bergerak melintasi Hong Kong, menimbulkan ancaman besar bagi Hong Kong. Angin topan melanda bagian timur Hong Kong.

Menurut perkiraan saat ini, Saola akan menempuh jarak sekitar 40 kilometer ke arah selatan Observatorium Hong Kong dalam beberapa jam ke depan. Sinyal Badai, No. 10 diperkirakan akan tetap berlaku untuk beberapa waktu.

Angin utara akan berubah secara bertahap ke arah timur hingga tenggara secara lokal. Area yang sebelumnya terlindung bisa saja menjadi terbuka.

Masyarakat harus tetap waspada. Anda disarankan untuk tetap berada di tempat Anda berada jika terlindungi dan bersiap menghadapi angin yang merusak.

Di bawah pengaruh gelombang badai, permukaan air di dataran rendah pesisir akan meningkat pesat malam ini. Ketinggian air di perairan pantai timur wilayah itu akan meningkat mulai sekitar pukul 9 malam nanti.

Diantaranya, ketinggian air di Pelabuhan Tolo akan mencapai ketinggian air sekitar 6 meter di atas datum peta menjelang tengah malam, yaitu sekitar 4 meter lebih tinggi dari permukaan air pasang normal.

Ketinggian air maksimum mungkin mencapai rekor sejarah. Daerah yang terkena dampak paling parah antara lain Sha Tin, Tai Po, Sha Tau Kok, Sai Kung, dll. Akan terjadi banjir besar, kedalaman banjir di beberapa daerah mungkin lebih dari 1 meter.

Ketinggian air di wilayah pesisir lain di Hong Kong juga akan mulai meningkat secara signifikan mulai sekitar pukul 6 pagi besok (2 September). Ketinggian air maksimum di Pelabuhan Victoria akan berada sekitar 3 meter di atas grafik datum.

 

Ketinggian air di daerah pesisir dataran rendah seperti Lei Yue Mun akan lebih tinggi sekitar 1,5 meter dibandingkan permukaan air pasang normal. Ketinggian air di Tai O akan mencapai sekitar 3,5 meter di atas datum grafik, atau hampir 2 meter di atas permukaan air pasang normal.

Lautan akan menjadi fenomenal dengan gelombang besar. Masyarakat diimbau untuk menjauhi bibir pantai dan tidak melakukan olahraga air.

Dalam satu jam terakhir, kecepatan angin maksimum yang tercatat di Pulau Waglan, Tate’s Cairn, dan Cheung Chau adalah 117, 107, dan 89 kilometer per jam dengan hembusan maksimum masing-masing melebihi 144, 154, dan 130 kilometer per jam. []

Advertisement
Advertisement