January 17, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dari Facebook Menjadi Meta, Berikut Fakta Sejarahnya

4 min read
-

JAKARTA – Facebook merupakan media sosial raksasa yang saat ini resmi mengganti nama menjadi Meta. CEO Facebook Mark Zuckerberg pada Jum’at dini hari mengumumkan perubahan nama itu di akun resminya.

Sebagai media sosial yang banyak diminati masyarakat di seluruh  dunia, mari kita melihat kembali perjalanan Facebook hingga menjadi raksasa media sosial.

 

2003-2006

Dilihat dari Wikipedia, Mark Zuckerberg pada tahun 2003 saat kuliah di Universitas Harvard membangun situs web bernama ‘Facemash’. Situs itu menggunakan foto yang dikumpulkan dari buku wajah online yang berhasil diretas Zuckerberg.

Dalam empat jam pertama Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto. Situs yang awalnya dikirim ke beberapa grup kampus harus ditutup beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg pun diusir dan didakwa melanggar keamanan, melanggar hak cipta dan melanggar privasi individu. Tapi pada akhirnya tuduhan itu dibatalkan.

Zuckerberg kembali memperluas proyek ini dengan menciptakan alat studi sosial menjelang ujian akhir sejarah seni.  Dia mengunggah semua gambar seni ke situs web yang masing-masing disertai dengan komentar, kemudian membagikan situs itu ke teman-teman sekelasnya.

Facebook awalnya hanya direktori siswa yang menampilkan foto dan informasi pribadi mahasiswa, yang mana pada tahun 2003 hanya memiliki versi kertas.

Pada Januari  2004 Zuckerberg membuat kode situs web baru, yang dikenal sebagai ‘TheFacebook’, terinspirasi oleh Crimsoneditorial tentang Facemash. Tanggal 4 Februari 2004 Zuckerberg resmi meluncurkan TheFacebook.

Awalnya keanggotaan situs itu hanya terbatas ada mahasiswa Harvard College. Tapi dalam sebulan, lebih dari setengah mahasiswa telah mendaftar. Dustin Moskovitz, Andrew McCollum dan Chris Hughes bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mengelola situs web.

Maret 2004 Facebook diperluas ke Columbia, Stanford dan Yale, hingga akhirnya ke seluruh negara.

 

2006-2012

Mei 2006, untuk pertama kalinya Facebook memperkerjakan pekerja magang. Kemudian 26 September 2006, Facebook dibuka untuk semua orang berusia minimal 13 tahun. Pada akhir 2007 Facebook memiliki 100.000 halaman di mana perusahaan mempromosikan diri mereka sendiri. Pada tanggal 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook.

Oktober 2008, Facebook mengumumkan kantor pusat internasionalnya yang berlokasi di Dublin , Irlandia. Juli 2010 Facebook mengumumkan 500 juta pengguna, setengah dari pengguna mengakses Facebook setiap hari, rata-rata 34 menit.

Februari 2011, Facebook mengumumkan rencana untuk memindahkan kantor pusatnya ke bekas kampus Sun Microsystems di Menlo Park, California. Maret 2011, Facebook dilaporkan menghapus sekitar 20.000 profil setiap hari karena melanggar aturan situs.

 

2012–2013

Maret 2012, Facebook mengumumkan App Center, toko yang menjual aplikasi yang beroperasi melalui situs web. Toko itu akan tersedia di iPhone dan perangkat Android.

Awal Oktober, Zuckerberg mengumumkan memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan, termasuk 600 juta pengguna ponsel, 219 miliar unggahan foto, dan 140 miliar koneksi teman.

 

2013-2014

Pada 15 Januari 2013, Facebook mengumumkan Facebook Graph Search. Facebook juga menekankan bahwa fitur tersebut akan menjaga privasi. Tanggal 3 April 2013, Facebook meluncurkan Facebook Home, 15  April 2013, Facebook mengumumkan aliansi di 19 negara bagian dengan National Association of Attorneys General, untuk memberikan informasi kepada remaja dan orang tua tentang alat untuk mengelola profil jejaring sosial.

Tanggal 19 April 2013 Facebook memodifikasi logonya untuk menghilangkan garis biru samar di bagian bawah ikon ‘F’. Huruf F bergerak lebih dekat ke tepi kotak.

Pada 12 Juni, Facebook mengumumkan bahwa mereka memperkenalkan tagar yang dapat diklik untuk membantu pengguna mengikuti diskusi yang sedang tren, atau mencari apa yang dibicarakan orang lain tentang suatu topik.

Facebook bergabung dengan Alliance for Affordable Internet (A4AI) pada bulan Oktober. A4AI adalah koalisi organisasi publik dan swasta yang mencakup Google , Intel , dan Microsoft.

Pada bulan Januari 2014, lebih dari satu miliar pengguna terhubung melalui perangkat seluler. Bulan Juni, seluler menyumbang 62% dari pendapatan iklan, meningkat 21% dari tahun sebelumnya.

 

2015-2020

Pada 2015, algoritme Facebook direvisi dalam upaya untuk menyaring konten hoax yang menyesatkan. Setelah pemilihan presiden 2016, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan memerangi berita palsu dengan menggunakan pemeriksa fakta dari situs-situs seperti FactCheck.org dan Associated Press (AP), membuat pelaporan hoaks lebih mudah melalui crowdsourcing, dan mengganggu insentif keuangan bagi pelaku.

Pada 2019, tantangan 10 tahun dimulai, di mana Facebook dikritik karena perannya dalam keraguan vaksin, kemudian Facebook mengumumkan bahwa mereka akan memberikan informasi resmi kepada pengguna tentang topik vaksin.

Pada bulan Maret 2019, pelaku penembakan masjid Christchurch di Selandia Baru menggunakan Facebook untuk merekam langsung serangannya. Namun Facebook membutuhkan waktu 29 menit untuk mendeteksi video streaming tersebut, delapan menit lebih lama daripada yang dibutuhkan polisi untuk menangkap pria bersenjata tersebut. Sekitar 1,3 juta salinan video diblokir dari Facebook tetapi 300.000 eksemplar diterbitkan dan dibagikan.

Pada Juni 2020, beberapa perusahaan besar termasuk Adidas , Aviva, Coca-Cola, Ford, HP, InterContinental Hotels Group, Mars, Starbucks dan Unilever  mengumumkan akan menghentikan sementara iklan di Facebook pada bulan Juli untuk mendukung Stop Hate For Profit. kampanye yang mengklaim perusahaan tidak melakukan cukup banyak untuk menghapus konten kebencian.

 

2020-sekarang

Facebook digugat oleh Komisi Perdagangan Federal serta koalisi beberapa negara bagian karena monopoli dan antimonopoli ilegal.  Gugatan tersebut ditolak oleh hakim federal pada tanggal 28 Juni 2021, yang menyatakan bahwa tidak ada cukup bukti yang diajukan dalam gugatan untuk menentukan Facebook sebagai monopoli pada saat ini.

Pada 4 Oktober 2021, Facebook mengalami pemadaman terparah sejak 2008. Pemadaman itu berskala global, dan menghapus semua properti Facebook, termasuk Instagram dan WhatsApp, pemadaman ini mempengaruhi sekitar tiga miliar pengguna.

Pada Kamis (28/10/2021) Facebook resmi mengubah namanya menjadi Meta. Zuckerberg mengungkapkan nama baru pada konferensi AR/VR tahunan Facebook. []

Advertisement
Advertisement