January 22, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dari Portugal ke Singapura Kini Bisa Ditempuh dengan Kereta Api dengan Tarif Hanya IDR 19 Juta

2 min read

JAKARTA – Merasai nikmatnya perjalanan ke berbagai negara dengan naik kereta kini bukan hanya impian, jalur kereta terpanjang di dunia sudah ada di depan mata. Anda sekarang dapat melakukan perjalanan dari Lagos di Portugal ke Singapura, dengan beberapa pemberhentian di sepanjang jalan.

Analisis oleh blogger kereta api Mark Smith, yang merupakan penumpang di kursi 61 kereta tersebut, dan pengguna Reddit menghitung bahwa perjalanan sejauh 11.654 mil (18.755 Km) dapat diselesaikan dalam 21 hari.

Dilansir dari Euronews, Rabu (15/12/2021) pada tanggal 2 Desember 2021 lalu jalur kereta api cepat yang menghubungkan Kunming di China ke Vientiane, ibu kota Laos dibuka. Ini berarti traveler yang mencari perjalanan ekstrim dan berbeda dengan kereta api sekarang dapat pergi antara Beijing dan Bangkok kemudian ke Singapura.

Sebelum adanya jalur kereta ke Laos ini, traveler yang ingin ke Singapura harus berhenti dulu dengan kereta di Vietnam dan menempuh jarak sekitar 16.898 km. Kemudian untuk perjalanan ke Singapura, penumpang harus naik bus dari Saigon, melalui Kamboja ke Bangkok.

Para ahli pun ikut berkomentar tentang jalur kereta terpanjang di dunia ini. Katanya hal ini mungkin saja terjadi dan mereka percaya rekor dunia ini bisa diwujudkan.

Perjalanan panjang ini yang melewati banyak negara, tentu saja membutuhkan dokumen dan visa yang mendukung. Dan bisa dijadwalkan semalam untuk traveler menginap demi mengurus visa perjalanan dan mengurus kereta lanjutan.

Reddit dan Mark Smith yang juga mantan manajer stasiun telah membuat jalur dan persimpangan yang singkat antar stasiun.

Memulai perjalanan monumental ini akan membawa kamu melewati 13 negara berbeda dari Spanyol, Polandia, dan Belarusia di Eropa hingga Mongolia, Thailand, dan Malaysia dalam perjalanan Asia.

Di beberapa jalur, pelancong harus bermalam di sepanjang rute, misalnya di Lisbon, Madrid dan Paris, dan mereka harus menginap dua malam di Moskow dan dua malam di Beijing.

“Bayangkan pergi dari Lagos ke Singapura, untuk mengetahui bahwa Anda seharusnya memulai di Villa Real de Santo Antonio! Terus terang, akan lebih baik jika orang-orang fokus untuk memulai stasiun lokal mereka di sini di Inggris, daripada dari beberapa titik acak di Portugal. Apa perbedaan seratus mil antara teman-teman ketika Anda memiliki perjalanan sejauh 11.000 mil?” kata Smith, yang menasihati para pelancong dengan perjalanan kereta api hanya di seluruh dunia.

“Sampai pandemi mengganggu rute ini, itu adalah rute yang sangat mudah dan relatif terjangkau. Saya sendiri menggunakan Trans-Siberia untuk pergi dari London ke Hong Kong (melalui ekspres Moskow-Beijing dua mingguan) dan dari London ke Nagasaki (melalui feri Vladivostok),” jelasnya.

Setelah dihitung-hitung biaya visa dan tiket perjalanan ekstrim dengan kereta ini adalah 1.200 Euro (Rp 19,4 juta).

Tetapi untuk melakukan perjalanan yang lengkap, traveler harus menunggu karena dua perjalanan terpanjang yaitu Paris ke Moskow dan Moskow ke Beijing saat ini ditutup karena pandemi. Sepertinya naik kereta dari Portugal-Singapura ini menarik dicoba di masa mendatang, ketika pandemi sudah berakhir. []

Advertisement
Advertisement