June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Deretan Kebiasaan yang Membuat Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat dan Sehat

2 min read

JAKARTA – Memiliki fisik atau ditanyakan tubuh yang kuat dan sehat menjadi keinginan setiap orang. Dengan fisik seperti itu, hidup bisa lebih produktif.

Pada umumnya, dikutip dari anlena.com, daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Bila daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat.

Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh supaya bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal.

Masih banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Padahal, apabila terkesan acuh dalam menjaga daya tahan tubuh, akibatnya adalah sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan yang membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat:

 

  1. Tidur yang cukup

Setelah seharian beraktivitas tubuh memerlukan istirahat untuk memulihkan kondisinya. Tidur merupakan cara tubuh untuk beristirahat dan beregenerasi. Tidur yang ideal dalam sehari adalah 7 sampai 8 jam sehari.

Dengan tidur yang cukup akan menjaga kondisi tubuh agar selalu segar dan bugar dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, tidur yang cukup dapat membantu menjaga fokus dan konsentrasi. Sehingga, tubuh akan selalu prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

 

  1. Menangani stres dengan baik

Stres merupakan sumber dari berbagai macam penyakit. Bahaya yang timbul ketika tubuh mengalami stress, yakni rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Stres mempengaruhi produktivitas hormon di tubuh dan sistem imunitas tubuh.

Maka tak heran jika orang yang memiliki stres level yang tinggi sering jatuh sakit. Untuk itu perlu dilakukan upaya untuk menjaga stres level.

 

  1. Konsumsi protein 1 gram per kilogram berat badan

Apa yang masuk kedalam mulut, merupakan kunci dari sumber kesehatan. Makanan yang kita konsumsi tentunya harus memiliki gizi seimbang dan lengkap. Hindarilah mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat, karena dapat menyebabkan obesitas.

Dilansir dari laman alodokter, protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Protein juga membantu mempertahankan dan mengembangkan massa otot pada tubuh.

Disarankan untuk melengkapi kebutuhan harian protein tubuh dengan mengkonsumsi 1 gram protein per kilogram berat badan.

 

  1. Berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari

Salah satu aktivitas fisik yang cukup mudah dan ringan dilakukan adalah berjalan kaki. Berjalan kaki dapat membantu membakar kalori yang berada di tubuh, sehingga membuat tubuh lebih bugar dan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Dilansir dari laman selecthealth, berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari akan membuat jantung lebih sehat, meningkatkan kekuatan paru-paru, otot dan tulang.

 

  1. Latihan beban 3x seminggu

Latihan beban ditujukan untuk memperkuat dan memperbesar otot yang berada di tubuh. Dengan melakukan latihan beban, lemak yang berada di dalam tubuh akan terbakar sehingga membantu membentuk tubuh agar lebih bugar dan kuat.

Bagi para wanita, tidak perlu khawatir dengan latihan beban. Latihan beban pada wanita justru sangat baik untuk menjaga dan membentuk tubuh menjadi lebih menarik.

Latihan beban pada wanita tidak menjadikan tubuh wanita berotot kekar dan besar, karena hormon pada tubuh wanita berbeda dengan pria.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang dapat Telisikers lakukan untuk menjaga dan memperkuat tubuh. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement