December 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Diantara 95 Kasus Baru Kemarin, Muncul Lagi Seorang PRT Asal Indonesia yang Dinyatakan Positif COVID-19

2 min read

HONG KONG – Meski telah turun ke level dua digit, pertambahan kasus baru harian yang dilaporkan oleh otoritas Hong Kong masih belum bisa disimpulkan pandemi telah bisa ditangani dan dikendalikan. Pertambahan kasus positif baru yang juga diikuti dengan pertambahan kasus kematian baru karena COVID-19 menambah panjang daftar kasus secara keseluruhan.

Hong Kong kemarin (06/08/2020) melaporkan adanya pertambahan kasus baru COVID-19 sebanyak 95 kasus dimana 4 diantaranya merupakan kasus impor dan 91 diantaranya merupakan kasus dari jalur penularan lokal.

Dalam keterangan persnya, Dr. Chuang Shuk-kwan dari Hong Kong Center for Health Protection (CHP) merinci, 4 kasus impor didapat dari seorang PRT Filipina yang baru tiba di Hong Kong serta 4 orang warga yang baru kembali dari India.

Sedangkan 91 kasus lokal, 52 merupakan kasus lokal yang diketahui sumber atau rantai penularannya dan yang 39 kasus merupakan kasus lokal yang tidak diketahui sumber penularannya.

Dalam keterangannya, Chuang membeberkan, setelah seorang PRT asal Indonesia yang tercatat dengan 3.664 kemarin dinyatakan positif, upaya CHP untuk melakukan penelusuran dan pemeriksaan terhadap kontak erat yang diantaranya keluarga majikan, serta 28 PRT yang telah bekerja di rumah majikan telah dilakukan. Dan sampai tadi malam, proses pemeriksaan masih berjalan dan belum bisa dipublikasikan secara keseluruhan hasilnya.

Usai PRT asal Indonesia dengan nomor kasus 3.664, seorang PRT asal Indonesia lainnya juga terdeteksi positif terinfeksi COVID-19.

PRT tersebut juga sama dengan PRT yang diidentifikasi dengan nomor kasus 3.664, yakni tidak memiliki riwayat perjalanan meninggalkan Hong Kong. Namun sama-sama memiliki riwayat tinggal di luar rumah majikan, yaitu di Boarding House agency Anika Employment Service Center yang beralamat di di Flat B, lantai 10, Kin On Commercial Building, 49-51 Jervois Street, Sheung Wan.

PRT tersebut diketahui telah keluar dari majikan lama pada 30 Juni 2020 dan selama di boarding house agen Anika, ada 4 sampai 5 orang PRT lainnya yang tinggal dalam waktu dan tempat yang sama.

PRT ini ketahuan positif terinfeksi setelah pada tanggal 4 Agustus mengeluhkan rasa demam. Setelah mendapatkan pengobatan, kemudian dilakukan pemeriksaan, ternyata kedapatan positif terinfeksi.

Di rumah majikannya, dia baru tinggal selama 4 hari, yakni mulai 1 Agustus 2020 kemarin.

Sementara itu, sampai dengan pukul 22 malam (06/07/2020), jumlah kematian akibat positif COVID-19 di Hong Kong telah mencapai 46 kasus. []

Advertisement
Advertisement