May 18, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Didominasi Pekerja Migran, Sudah Ribuan PPLN Mendarat di Juanda Dalam Sepekan Belakangan

1 min read
Suasana kedatangan PMI per 9 April 2022 (Foto iNews)

Suasana kedatangan PMI per 9 April 2022 (Foto iNews)

SURABAYA – Jumlah Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) di Bandara Internasional Juanda terus meningkat sejak sepekan terakhir. Mereka umumnya para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin mudik untuk berlebaran di kampung halaman.

Berdasarkan data Kantor Imigrasi Bandara Juanda, tercatat sejak sepekan terakhir ini sudah lebih dari 6.000 orang PPLN yang datang melalui Bandara Juanda. Jumlah itu belum termasuk lebih dari 500 warga negara asing yang datang.

“Sehari, rata-rata ada tiga hingga empat pesawat Internasional yang landing di Bandara Juanda dengan jumlah penumpang mencapai 500 orang per harinya,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya, Hicco Ahmad Muttaqin, Sabtu (09/04/2022) siang ini.

Hicco mengatakan, dari lonjakan PPLN yang datang rata-rata didominasi oleh PMI yang mudik lebaran ke sejumlah daerah di Jawa Timur. Sementara untuk rute penerbangan Internasional yang datang didominasi penerbangan dari Malaysia, Singapura dan Hongkong.

Hicco memprediksi puncak lonjakan arus penumpang PPLN yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Juanda Surabaya terjadi 7 hari menjelang Lebaran.

Sementara itu sejumlah penumpang mengaku sengaja mudik lebih awal karena ingin berlama-lama di kampung halaman. Selain itu, mereka juga memanfaatkan aturan pelonggaran yang saat ini masih berlaku.

“Mumpung sekarang longgar. Nanti kalau diketati lagi malah repot,” kata salah seorang PMI asal Hongkong yang akan mudik ke Malang, Anita. []

Sumber iNews

Advertisement
Advertisement