December 3, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dihempas Topan Nangka, Sinyal T3 Diberlakukan, Hong Kong dan Makau Berpotensi Berlakukan T8 Besok

1 min read
Prime Banner

HONG KONG – Baik biro cuara Makau maupun Hong Kong hingga saat ini sama-sama memasang peringatan sinyal topansepanjang hari ini (12/10/2020).

Sejak kemarin malam, sinyal peringatan topan satu atau T1 diaktifkan persisnya pukul 20:40 malam. Kemudian, ptang hari waktu Hong Kong, persisnya pada pukul 17:10, sinyal peringatan topan ditingkatkan menjadi topan 3 atau T3.

Peringatan serupa juga dipasang di Makau dengan durasi waktu yang beriringan.

Peringatan topan diaktifkan menyusul sedang terjadinya pergerakan topan Nangka sejak 10 Okober kemarin di perairan barat Filipina, laut China Selatan.

Dalam pantauan ApakabarOnline.com melalui data satelit yang dipublikasikan oleh Hong Kong Observatory, topan nangka bergerak ke arah daratan Hainan.

Titik terdekat posisi pusaran kepala topan akan terjadi besok (13/10/2020) dengan jarak 620 km selatan Hong Kong.

Mengutip keterangan biro cuaca Makau, diperkirakan akan meningkatkan peringatan topan menjadi T8 sejak dini hari hingga tengah hari.

Disamping itu, Makau juga telah mempersiapkan diri menghadapi potensi banjir yang diperkirakan akan menjadi bagian dari topan.

Bagaimana dengan Hong Kong ? Sampai dengan saat ini, pantauan ApakabarOnline.com di laman Hong Kong Observatory menginformasikan hal tersebut (sinyal T8).

Mengingat posisi Hong Kong dan Makau berdekatan, besar kemungkinan, hempasan topan Nangka yang meningkat di Makau juga akan terasa di Hong Kong.

Melalui laman resminya, Hong Kong Observatory juga mengisyaratkan potensi akan meningkatkan sinyal topan 8 akan diberlakukan besok. []

Advertisement