May 15, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Dinas Sosial Hong Kong Siap Mengadopsi Bayi WNI Paperan Yang Ditinggalkan

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

Yau Ma Tei – Sumber di Rumah Sakit Queen Elizabeth Hong Kong menyatakan bahwa bayi perempuan yang ditinggalkan oleh ibunya tanpa pesan di rumah sakit tersebut sejak 10 Juli silam dalam kondisi baik.

“Bayi tersebut sampai saat ini dalam kondisi baik kesehatannya. Dia lucu, suka tertawa sedangkan bayi lainnya yang sama-sama berada di bangsal bayi sering menangis” sebut sumber di Queen Elizabeth Hospital.

Sampai dengan berita ini diturunkan, polisi belum berhasil menemukan ibu dari si bayi meskipun beberapa petunjuk telah mereka kantongi. Untuk kepentingan penyelidikan dan pencarian, pihak otoritas Hong Kong tetap tidak mempubikasikan jatidiri dari si ibu bayi tersebut.

baca : Astaghfirullah, WNI Paperan Di Hong Kong Kabur Tinggalkan Bayinya

Jika dalam tempo waktu tertentu, polisi belum juga berhasil menemukan si ibu bayi, atau polisi menemukan si ibu bayi namun kondisinya dianggap tidak memungkinkan untuk mengasuh bayi tersebut, otoritas pemerintah Hong Kong melalui Social Welfare Departement (Departemen Kesejahteraan dan Sosial) akan mengambil alih hak asuhnya. Hal ini bisa dilakukan setelah ada keputusan dari pengadilan yang menetapkan.

Dan kalau terbukti ditemukan unsur kriminal dalam penerlantaran bayi tersebut, ibu si bayi yang seorang WNI Paperan tetap akan dikenakan sangsi pidana sesuai undang-undang yang berlaku di Hong Kong.

Otoritas pemerintah Hong Kong akan membawa bayi tersebut ke panti sosial untuk bergabung dengan bayi-bayi lain yang senasib. Dan selanjutnya, akan menjadi kewajiban negara untuk memenuhi seluruh hak mereka.

Demi menolong si bayi, jika pembaca mengetahui dan memiliki informasi siapa ibu dari si bayi tersebut, dimana posisinya,  silahkan memberitahu redaksi kami atau langsung menghubungi Yau Ma Tei Police Officer di nomer tlp 3661 9512 atau 3661 9515. [Asa/SCMP]

Advertisement
Advertisement