December 9, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Disamping Akan ada Razia Prokes, Tanggal 4 dan 5 April juga Akan Digelar Uji Corona untuk PRT Asing

2 min read
-

HONG KONG – Menjelang libur Paskah, Hong Kong Labour Departement kembali mengingatkan kepada seluruh PRT asing yang berencana untuk berlibur keluar dan berkumpul dengan sesama rekan PRT asing lainnya agar mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang diberlakukan di Hong Kong saat ini.

Dalam keterangan pers yang dirilis hari ini (01/04/2021), sumber di Labour Departement mengingatkan, aturan terkait dengan protokol kesehatan atau prokes di Hong Kong diatur dalam sebuah perundang-undangan, sehingga bagi siapa saja yang melanggar akan terkena sangsi sebagaimana diatur dalam aturan tersebut.

Protokol kesehatan yang masih berlaku hingga kini adalah tetap mengenakan masker, membatasi jumlah orang maksimal sebanyak 4 orang saat berkumpul, serta menjaga jarak aman antar orang saat berkumpul.

Pada 4 dan 5 April nanti, Labour Departement akan bekerja sama dengan Kepolisian Hong Kong, Departemen makanan dan kebersihan lingkungan, serta Departement Dalam Negeri akan melakukan operasi serentak di tempat tempat PRT asing biasa berkumpul dalam jumlah besar saat libur, yakni di kawasan Causeway Bay, Admiralty, Central, dan Lhai Chi Kok.

Sebelumnya, Hong Kong Labour Departement (LD) hari ini (30/03/2021) menyampaikan kabar, bahwa tempat uji atau tes covid mobile yang biasa mangkal di tempat-tempat favorit PRT asing menikmati liburan akan terus tetap beroperasi selama bulan April.

Dalam keterangan persnya, sumber dari Labour Departement mengungkapkan harapannya kepada kalangan PRT asing untuk meningkatkan partisipasinya dalam program pengujian covid ini.

“Kami menghimbau kepada seluruh majikan, seluruh agen penyalur agar mendorong peranserta PRT asing dalam melakukan pengujian tanpa perlu membuat janji sebelumnya.” jelas sumber tersebut.

Selama bulan April akan ada lima tanggal dimana pada tanggal tersebut seluruh PRT asing yang belum melakukan uji covid dapat berpartisipasi mendatangi beberapa titik di tempat liburan. Lima tanggal tersebut seluruhnya berada di hari libur PRT asing, yakni tanggal 4, 5, 11, 18, dan 25 April.

Seperti yang telah dilakukan sebelumnya, layanan uji covid untuk PRT asing bisa dijumpai di kawasan pejalan kaki di Chater Road dekat bus stop, Hing Fat Street dekat Victoria Park Causeway Bay, Lai Chi Kok Park, dan Tsuen Wan Park.

Bagi yang akan mengikuti uji covid gratis, dimohon untuk menyiapkan kartu identitas berupa paspor dan HK ID dan mendaftarkan diri di laman  www.tgptest.gov.hk.

Hasil tes akan diberitahukan melalui SMS. []

Advertisement
Advertisement