August 12, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ganas, Diterjang Topan Chaba, Sebuah Kapal Terbelah Menjadi Dua, Puluhan Awak Hilang

1 min read
Capture from reuters

Capture from reuters

HONG KONG – Topan Chaba telah berlalu, seluruh sinyal peringatan cuaca terkait kehadiran topan Chaba di Hong Kong telah dicabut. Namun ganasnya kekuatan topan Chaba meninggalkan berbagai kerusakan. Salah satunya yang menimpa sebuah kapal jenis engineering vessel.

Mengutip SCMP dan Reuters, peristiwa tersebut kali pertama diketahui oleh Hong Kong Government Flying Service yang menerima permintaan bantuan darurat dari sebuah kapal yang posisinya berada di 160 mil laut arah Barat Daya Hong Kong.

Dalam pesan darurat dikatakan, kapal engineering vessel “Fujing 001” dalam kondisi terbelah menjadi dua akibat kuatnya hempasan gelombang saat Topan Chaba berlangsung kemarin (02/07/2022).

Menyikapi laporan, tim rescue langsung meluncur ke lokasi dengan menggunakan helikopter.

Namun sekitar pukul 15:00 kemarin sore, tim rescue hanya bisa membawa tiga awak kapal yang tersisa diatas bangkai kapal yang mulai tenggelam.

27 orang awak kapal lainnya menurut 3 kru yang berhasil diselamatkan telah meninggalkan kapal dan tidak diketahui dimana serta bagaimana kondisi mereka saat itu.

Tim rescue juga kesulitan melakukan pencarian dan penyelamatan kru yang lain akibat buruknya cuaca kemarin.

Hingga berita ini diturunkan, proses pencarian kru yang hilang sedang berlangsung setelah kembali dilanjutkan begitu cuaca dirasa aman.

Kapal engineering vessel “Fujing 001” merupakan kapal yang digunakan untuk proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga angin  di kawasan tersebut. []

Advertisement
Advertisement