July 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Gaya Hidup Berikut Ini Membuat Kita Awet Muda Alamiah

4 min read

JAKARTA –  Setiap orang pasti memiliki keinginan agar wajahnya lebih terlihat awet muda. Meski usia terus bertambah, namun kita bisa menjaga diri agar tetap sehat dan bugar, yang pada akhirnya juga membuat kita tampil awet muda.

Penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada semua orang. Seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan, mulai dari garis halus, keriput, hingga bercak atau flek pada kulit.

Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari proses penuaan dini sehingga Anda pun tetap terlihat awet muda.

Berikut 6 cara yang dapat Anda coba lakukan agar tetap terlihat awet muda dikutip dari alodokter.com di antaranya:

 

  1. Jalani pola makan sehat

Langkah utama dan paling mudah agar tetap awet muda adalah menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi agar terlihat awet muda:

 

  • Buah-buahan, seperti pepaya, alpukat, dan delima

 

  • Kacang-kacangan, misalnya almond dan walnut

 

  • Minyak sehat, seperti virgin coconut oil dan minyak zaitun

 

  • Sayuran, seperti selada air, brokoli, dan bayam

 

  • Cokelat hitam

 

Tak hanya mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral, berbagai makanan di atas juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, makanan kaya kolagen, seperti sumsum tulang sapi dan ceker ayam, juga baik untuk menjaga kulit tetap awet muda.

 

  1. Olahraga secara rutin

Seiring pertambahan usia, kulit akan mulai mengendur karena produksi kolagen menurun dan massa otot berkurang. Proses penuaan bahkan akan berjalan lebih cepat bila Anda kurang aktif bergerak.

Berolahraga secara rutin dapat membangun jaringan otot dan mencegah kulit menjadi kendur. Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama kesehatan jantung, otak, dan tulang.

Dengan demikian, Anda pun dapat terhindar dari beragam penyakit akibat penuaan, seperti penyakit jantung, osteoporosis, dan demensia.

 

  1. Cukupi waktu istirahat

Cara selanjutnya agar awet muda adalah dengan mencukupi waktu tidur setidaknya 7–9 jam setiap hari. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan tidak cepat mengalami penuaan.

Dengan tidur yang cukup, jaringan tubuh dan kulit akan mengalami regenerasi dengan lebih baik sehingga kulit bisa tetap kencang dan segar.

Tidur dengan posisi telentang juga diketahui baik untuk menjaga kulit wajah daripada posisi telungkup yang bisa menyebabkan kulit cepat keriput karena bergesekan dengan bantal.

 

  1. Bersihkan kulit wajah secara rutin

Perawatan kulit tidak harus mahal. Anda cukup rutin membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dan gunakan pelembap. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar rumah.

Pelembap dapat menjaga kulit agar tidak cepat kering atau keriput, sedangkan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit.

Dengan meggunakan keduanya, kulit akan tetap sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini serta beragam masalah kulit lainnya, seperti hiperpigmentasi dan kanker kulit.

 

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Kebiasaan baik ini bisa membuat kulit senantiasa lembap dan bercahaya serta terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam membuang racun.

 

  1. Kurangi stres

Saat merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini. Selain itu, stres juga bisa membuat Anda susah tidur atau kurang menjaga pola makan, sehingga dapat memicu penuaan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi stres agar tetap awet muda dan sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, misalnya dengan relaksasi, melakukan kegiatan yang disukai, atau mendengarkan musik favorit.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga perlu menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempercepat proses penuaan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda hindari agar tetap awet muda dilansir dari rexona.com:

 

  1. Merokok

Banyak riset yang membuktikan bahwa kebiasaan merokok sangat mempengaruhi penampilan, terutama dalam hal mempercepat penuaan kulit. Tak tanggung-tanggung, orang yang merokok lebih berpotensi memiliki kantong mata yang besar dan kerutan di sekitar bibir dan rahang.

Kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan merokok berpotensi mengurangi oksigen dan nutrisi ke kulit sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah dan memotong sirkulasi. Di samping itu, kandungan zat kimia pada rokok juga merusak kolagen dan elastin.

 

  1. Konsumsi Gula Berlebihan

Konsumsi gula berlebih menyebabkan glycation, kondisi di mana molekul gula menempel pada kolagen atau blok bangunan utama kulit. Kondisi ini mempengaruhi aktivitas kolagen sehingga menyebabkan kerutan di area wajah.

 

  1. Sering Begadang

Bagi kamu yang sering begadang di malam hari, cobalah untuk menghindari kebiasaan tersebut. Sejumlah riset mengatakan bahwa cukup tidur adalah cara merawat tubuh supaya selalu terlihat awet muda.

Ketika tidur  di malam hari, sel-sel tubuh akan memperbaiki kerusakan akibat paparan polutan di siang hari, mulai dari efek UV pada sinar matahari sampai dengan debu dan kotoran yang terbawa udara.

Pada saat kamu tidak memiliki tidur yang cukup, tentu saja tubuhmu tidak akan melewati proses ini sehingga sel-sel tubuh tidak memiliki kesempatan untuk memperbaiki kerusakan pada kulitmu.

 

  1. Kurang Mengonsumsi Buah-buahan

Cara merawat tubuh supaya awet muda sebenarnya gampang dan menyenangkan. Kamu hanya perlu memperbanyak konsumsi buah-buahan. Hampir semua jenis buah dan sayuran pasti mengandung Vitamin E yang secara khusus memang diperlukan untuk menghindari kerusakan akibat paparan sinar UV, pigmentasi, sampai dengan peradangan yang disebabkan jerawat.

Jadi, tak perlu ragu untuk mengonsumsi salah satu jenis buah. Apalagi jika buah yang kamu konsumsi turut mengandung Vitamin A, C, dan B3 yang berguna untuk menghambat kerusakan kolagen.

 

  1. Malas Berolahraga

Olahraga adalah cara lain untuk membuatmu terlihat awet muda. Orang yang terbiasa berolahraga pasti memiliki tubuh yang segar dan bugar. Selain itu, ketika kita melakukan olahraga yang kita sukai, tubuh akan melepas endorfin, hormon yang mempengaruhi suasana hati. Nah, mood yang baik akan membuat kamu jadi lebih awet muda, lho! []

Advertisement
Advertisement