November 28, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Gegara Habib Rizieq Dijemput Puluhan Ribu Masa, Mimpi PMI Asal Tegal Buyar, Tiket Pesawat Hangus, Biaya Swab Tes Sia-Sia

1 min read
Prime Banner

JAKARTA – Banjirnya massa simpatisan yang menjemput Habib Rizieq Shihab di Bandar Udara International Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) memberikan dampak negatif terhadap pengguna jasa penerbangan, khususnya di Terminal 3 keberangkatan.

Salah satu yang terkena dampak tersebut adalah seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang akan terbang menuju negara penempatan. Tiketnya hangus, biaya yang dikeluarkan untuk swab tes sia-sia.

Adalah Taumi, 54 tahun, mengaku harus rela kehilangan uang senilai Rp 10,8 juta yang sudah ia belikan tiket pesawat Arabia Airlines dengan kode penerbangan SV 817. Ditambah pengeluarannya untuk surat hasil swab test.

Taumi mengatakan, dirinya berangkat dari Tegal menuju Bandara Soetta dengan ditemani kedua anaknya.

“Dari Tegal kami mampir ke Kampung Melayu dulu ke rumah saudara dan menginap semalam,” kata Taumi kepada Tagar, di Terminal 3, Selasa, 10 November 2020.

Dia melanjutkan, pagi tadi ia berangkat sekitar pukul 05.30 WIB menumpangi taksi online dari Kampung Melayu menuju Bandara Soetta.

Kemudian, perjalanan mereka mulai terhenti di area Gerbang Tol Prof. Sedyatmo lantaran sudah tertutup oleh simpatisan Rizieq Shihab yang pada akhrinya memilih berjalan kaki menuju Terminal 3. Kian diperparah dengan panjangnya barisan bus yang memarkir di sisi kanan dan kiri jalan tol.

“Akhirnya kami bertiga masing-masing naik ojek, per orang bayar Rp 50 ribu. Sampai lokasi jam 10.30 WIB dan katanya sudah telat karena jadwal terbangnya pukul 10.45 WIB,” kata Taumi.

Perempuan paruh baya itu mengaku kecewa dengan gegara meledaknya simpatisan penjemput Rizieq, yang mengakibatkan dirinya tidak bisa melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi untuk mencari nafkah bagi keluarga. []

Sumber Tagar

Advertisement