April 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Hadapi Perubahan Iklim, Hong Kong Bersiap Gelontorkan Dana US$ 30 Miliar

1 min read

HONG KONG – Pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong siap mengucurkan dana sebesar sekitar 30 miliar dolar AS dalam 15 hingga 20 tahun ke depan untuk mengimplementasikan langkah-langkah mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, demikian disampaikan Sekretaris Keuangan Pemerintah SAR Hong Kong Paul Chan pada Rabu (22/11/2023).

Hong Kong berencana menerapkan empat strategi dekarbonisasi utama, yaitu mencapai produksi listrik dengan emisi net-zero, menghemat penggunaan energi di gedung-gedung, mempromosikan transportasi ramah lingkungan, dan pengurangan limbah, kata Chan dalam Forum Bisnis Asia-Pasifik 2023.

Dia mengungkapkan keyakinannya bahwa anggaran iklim pemerintah akan meningkatkan investasi sektor swasta, mengingat kesadaran perusahaan-perusahaan tentang manfaat dari praktik-praktik ramah lingkungan semakin tinggi.

Chan menuturkan bahwa Hong Kong telah menunjukkan kemajuan besar dalam hal dekarbonisasi. Pada paruh pertama tahun ini, lebih dari 60 persen mobil pribadi yang baru terdaftar di Hong Kong merupakan kendaraan listrik.

Pemerintah SAR Hong Kong akan menyusun strategi pengembangan hidrogen pada awal 2024 untuk mempromosikan penggunaan bahan bakar hidrogen sebagai energi nol karbon, tambah Chan.[]

Sumber Xinhua

Advertisement
Advertisement