June 22, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Imigrasi RI Memastikan, Puluhan WN China yang Masuk Indonesia Saat WNI Dilarang Mudik Sudah Prosedural

2 min read

JAKARTA – Viral video yang memperlihatkan puluhan WN China masuk ke Indonesia. Dirjen Imigrasi Kemenkumham membenarkan hal tersebut.

85 WN China telah masuk ke Indonesia dengan menaiki pesawat carteran dan tiba pada Selasa (04/05/2021). Selain WN China, ada pula 3 WNI yang menumpang pesawat yang sama.

“Telah mendarat 85 WN China dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen,” ungkap Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara dalam keterangannya, Kamis (06/05/2021).

85 WN China tersebut tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (04/05/2021). Mereka diklaim telah diperiksa oleh KKP Kemenkes untuk mengetahui kesehatannya.

“Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang telah melalui pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh pihak KKP Kemenkes,” ujarnya.

Arya mengatakan bahwa kedatangan 85 WN China dan 3 WNI yang masuk ke Indonesia tadi telah sesuai prosedur. Tujuan mereka datang ke Indonesia beragam.

Ada yang memang tinggal dan bekerja di Indonesia, namun ada juga yang hendak melakukan bisnis.

“Ada yang tinggal di Indonesia ada juga yang akan kembali,” ucapnya.

“Secara keimigrasian, diketahui bahwa visa dan dokumen keimigrasian mereka sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020,” tegasnya.

Namun, di media sosial video ini menuai kecaman netizen karena dianggap pilih kasih. Di saat warga dilarang mudik Lebaran 2021, WN China malah dengan gampangnya masuk Indonesia. []

Advertisement
Advertisement