September 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

JAMBORE KOMUNITAS AS2in1 BARENG NOAH

5 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

Grup band NOAH siap tampil menggelar konser di Hong Kong, 9 Oktober nanti. Inilah puncak dari kegiatan Jambore Komunitas As2in1 yang dihelat Telekomunikasi Indonesia International (Telin). Bagaimana persiapannya?

Ariel, David, Lukman dan Uki terlihat sumringah. Kamis siang, 25 Agustus lalu, keempat personel grup band NOAH itu tampak antusias menyambut kedatangan tim dari Hong Kong: Telin, Triwarna dan Apakabar Plus, yang memang menyengaja datang menemui mereka di Musica Studio, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

NOAH berpose bersama dengan Telin, Apakabar Plus dan Triwarna
NOAH berpose bersama dengan Telin, Apakabar Plus dan Triwarna

Selain melakukan pemotretan, kedua pihak juga membicarakan berbagai hal terkait rencana NOAH menggelar konser di Queen Elisabeth Stadium, Wanchai, Hong Kong, Minggu, 9 Oktober nanti. ”Kita sangat concern dengan persiapan panggung, karena kepuasan penonton adalah prioritas,” cetus David, pemain keyboard. ”Pokoknya, kita siap memberikan yang terbaik buat teman-teman di Hong Kong,” timpal Ariel, frontman NOAH.

Konser NOAH ini sejatinya merupakan puncak dari rangkaian program Jambore Komunitas As2in1, yang disiapkan Telin Hong Kong sejak awal tahun 2016. ”Jambore Komunitas merupakan bagian dari rencana strategis As2in1 untuk lebih mendekatkan diri dan menjadi bagian dari komunitas Indonesia di Hong Kong, sekaligus memberikan hiburan dan membentuk komunitas yang universal lintas semua komunitas,” kata Yohannis Britto, VP Marketing and Sales – Retail, Telekomunikasi Indonesia International (Telin).

Menurut Yohannis, pihaknya sedari awal percaya, apa pun komunitasnya pasti tetap menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. ”Di situlah As2in1 hadir untuk memenuhinya,” lanjut Yohannis. Rencananya, Jambore Komunitas akan diadakan setiap tahun untuk memberi wadah bagi semua komunitas Indonesia di Hong Kong pengguna As2in1 untuk tetap eksis dan menjaga silaturahim ke-indonesia-an, serta menjadi bagian dari basis pelanggan yang memperkuat As2in1.

Apresiasi Pelanggan

Yohannis Britto
Yohannis Britto

Yohannis Britto menambahkan, ada setidaknya tiga momen yang hendak diambil dari kegiatan Jambore Komunitas. Pertama, ingin memberikan apresiasi kepada semua pelanggan setia yang selama ini terus menggunakan As2in1, sekaligus menjadi alasan dan motivasi bagi As2in1 untuk selalu menjadi lebih baik.

Kedua, lanjut Yohannis, tahun ini As2in1 telah banyak melakukan perbaikan (improvement), dan momen ini sekaligus digunakan untuk menginformasikan kepada segenap komunitas Indonesia di Hong Kong bahwa As2in1 kini hadir lebih baik. ”As2in1 juga memperkenalkan tagline baru: ’karena wanita ingin dimengerti, maka As2in1 kini hadir lebih baik untuk menjawabnya. As2in1 sekarang lebih baik! Ngobrol panjang à hati senang à keluarga tenang’,” urai Yohannis.

Ketiga, memosisikan As2in1 sebagai teman seperjalanan dan seperjuangan seluruh komunitas Indonesia di rantau, utamanya di Hong Kong. Komunitas Indonesia di Negeri Beton jumlahnya signifikan dan spesifik – mayoritas wanita – serta memiliki kebutuhan dan kultur sendiri. ”Hal itulah yang berusaha kami pahami lewat As2in1 dengan menyediakan sarana komunikasi yang andal dan hemat, sehingga komunikasi dengan keluarga lancar,” ujarnya.

Bersamaan dengan konser NOAH, As2in1 sekaligus akan memperkenalkan logo baru Jambore Komunitas As2in1, Komunitas Asik Indonesia Bangga. Hal tersebut berangkat dari kesadaran bahwa membangun produk saja tidaklah cukup. Ia juga harus menautkan hubungan baik (engagement) dengan orang, pelanggan, ekosistem, dan komunitas penggunanya.

Masih mengutip Yohannis, Komunitas As2in1 – Komunitas ASIK Indonesia Bangga sebenarnya merupakan akronim dari komunitas yang Amanah (memegang teguh tujuan utama bekerja di Hong Kong, semisal membantu keluarga, dll.), Sejahtera (apa pun tujuan bekerja di Hong Kong harus bisa berkomitmen membawa kesejahteraan kepada diri sendiri dan keluarga di Indonesia). Selanjutnya, Inspiratif (inspirasi bagi sesama komunitas, saling berbagi hal positif dan berprestasi sesuai komunitas masing-masing), serta Kekeluargaan (sesama orang di rantau harus solid, karena keluarga terdekat kita sekarang adalah sesama orang Indonesia di rantau).

Sebelum sampai ke puncak program pada 9 Oktober mendatang, As2in1 sudah menggelar serangkaian kegiatan yang diberi nama ”Road to Jambore Komunitas As2in1”. Inti kegiatan tersebut adalah melakukan pendekatan intensif kepada komunitas-komunitas Indonesia di Hong Kong lewat serangkaian event. Di antaranya, mendukung kegiatan keagamaan komunitas muslim di sepanjang Ramadhan dan Lebaran, juga saat merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Selain itu, As2in1 juga memberikan wadah dan support bagi pemberitaan eksistensi kegiatan komunitas Indonesia di Hong Kong melalui FanPage Facebook Telkom HongKong. ”As2in1 juga memberi wadah ekspresi bagi komunitas hobi seperti fotografi, model, make up, teater, dance, hiking, dll, untuk kerja bareng menyalurkan hobi dan berekspresi melalui pembuatan materi-materi informasi produk layanan kami,” kata Yohannis.

Khusus untuk acara puncak Jambore Komunitas bersama NOAH nanti, As2in1 akan memberikan wadah bagi komunitas-komunitas Indonesia di Hong Kong untuk berbagi informasi sekilas mengenai komunitasnya. ”Mereka akan kami libatkan dalam defile komunitas yang digelar sebelum konser. Mereka kami minta memperkenalkan profil komunitasnya kepada ribuan orang yang hadir di acara tersebut,” ujarnya.

Komunitas yang berminat hadir dan mengikuti defile, mereka cukup memastikan sudah memiliki tiket dan dapat diwakilkan maksimal 10 orang untuk berpartisipasi dalam defile tersebut. ”Disediakan hadiah menarik untuk komunitas yang paling keren, kompak, kostum terbaik serta kreatif selama defile,” jelas Yohannis.

Mengapa NOAH?

Pemimpin Redaksi Apakabar Plus (samping kiri Ariel) berpose bersama NOAH
Pemimpin Redaksi Apakabar Plus (samping kiri Ariel) berpose bersama NOAH

Pemilihan NOAH sebagai bintang tamu, tak lepas dari keinginan As2in1 untuk menghadirkan sajian hiburan terbaik kepada pelanggan. NOAH, kita tahu, sampai saat ini masih mengilap namanya dan menjadi salah satu grup band papan atas di Tanah Air. Kehadirannya selalu ditunggu jutaan fans yang tersebar di seluruh Indonesia dan manca negara.

Ariel, Uki dan Lukman sebelumnya adalah motor Peterpan, salah satu band sukses di awal 2000-an. Banyak album lahir dari grup band asal Bandung, yang waktu itu juga diperkuat Reza, Andika, dan Indra. Dua nama terakhir, pada November 2006, mundur dari Peterpan dan membentuk grup band baru, The Titans. Mundurnya kedua personel tak lepas dari spekulasi seputar terjadinya perbedaan prinsip kreativitas di antara para personel Peterpan.

Pasca keluarnya Andika dan Indra, posisi mereka ditempati dua musisi tambahan: David pada keyboard dan Lucky pada bass. Dengan formasi ini, Peterpan merilis Hari yang Cerah. Peluncuran album pada 25 Mei 2007, dilakukan di Kuala Lumpur – Malaysia dan Bandung – Indonesia. Hari yang Cerah sekaligus diklaim sebagai album terakhir dengan nama ”Peterpan”.

Benar saja. Pada 2 Agustus 2012, grup band ini kemudian mengumumkan nama baru: NOAH. Konon, NOAH berarti ’membuat nyaman, memberi ketenangan, dan panjang umur’. Tanggal 15-16 September 2012, NOAH melakukan konser di lima negara dalam tempo sehari penuh. Konser diawali dari Melbourne pada pukul 23.30. Dari sana, mereka terbang ke Hong Kong dan menggelar konser pukul 10.20. Pukul 16.45, NOAH melanjutkan konser di Kuala Lumpur, lalu bergeser ke Singapura pukul 20.21. Konser NOAH ditutup di Jakarta tepat pukul 23.00 WIB.

September 2012, setelah merilis lagu Separuh Aku, NOAH merilis album studio bertajuk Seperti Seharusnya. Penjualannya album NOAH, yang bekerja sama dengan restoran KFC tergolong sukses: terjual 200 ribu keping hanya dalam tiga hari. Sukses serupa berlanjut pada album berikutnya: Second Chance dan terakhir Sings Legend, yang merupakan daur ulang lagu-lagu legendaris musisi Indonesia. Album Second Chance sekaligus menandai pergantian komposisi personel NOAH, setelah Reza (drumm) mengundurkan diri lantaran hendak mendalami ilmu agama. Posisi Reza digantikan Rio, yang sebelumnya tampil sebagai pemain tambahan.

Bagi NOAH, konser Oktober nanti memang merupakan penampilan mereka kedua di Negeri Beton. ”Tahun 2012, ketika launching NOAH di Hong Kong, kami memang belum puas karena cuma sebentar. Waktu itu sempat ada pemikiran, ’Wah, kita harus balik lagi ke sini nih.’ Alhamdulillah, keinginan itu kesampaian,” kata Ariel.

Selain NOAH, dari Jakarta juga akan hadir Stanley Sagala, vokalis grup band Modulus, yang akan bertindak sebagai MC. ”Tentu, saya juga menyiapkan beberapa lagu, khususnya lagu-lagu era 1990-an, karena saya penyanyi pada era itu. Ini lebih untuk memberikan memori kepada teman-teman yang sudah lama nggak pulang dan tidak mendengarkan tembang-tembang tahun itu. Pokoknya, so excited deh,” cetus Stanley, kepada Apakabar Plus.

(yuni, nanju)

Advertisement
Advertisement