July 3, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kasus Positif Terus Melonjak, di Hong Kong Alat Tes Mandiri dan Obat-Obatan Langka di Pasaran Bebas

1 min read
Beberapa jenis alat tes antigen dijual bebas di pasaran (Foto HK01)

Beberapa jenis alat tes antigen dijual bebas di pasaran (Foto HK01)

HONG KONG – Situasi pandemi gelombang kelima di Hong Kong terus menampakan amukannya. Angka kasus baru positif terinfeksi kian bertambah banyak jumlahnya.

Situasi tersebut membuat beberapa keperluan masyarakat sulit ditemukan di pasaran. Salah satunya adalah alat tes covid-19 mandiri yang telah distandarisasi otoritas Hong Kong mengenai akurasi penggunaannya serta obat-obatan berupa paracetamol, Vitamin C, serta jenis obat flu dan demam.

Pemerintah Hong Kong telah memberikan sertifikasi uji standard terhadap 5 merk alat tes antigen yang bisa bebas dibeli dan digunakan masyarakat untuk melakukan deteksi dini berkaitan dengan keberadaan virus didalam tubuh seseorang. Namun alat tes dimaksud saat ini telah langka dipasaran dan beredar beberapa alat tes yang tidak mendapatkan sertifikasi.

Pun demikian dengan obat-obatan. Pantauan ApakabarOnline.com melalui pemberitaan beberapa media setempat menunjukkan, obat demam, paracetamol dan vitamin C juga mulai sulit didapatkan.

Habisnya stok obat di toko dan apotik diduga berkaitan erat dengan saran ahli pemerintah Hong Kong agar dalam situasi sekarang, mereka yang positif tetapi tanpa gejala atau bergejala ringan agar melakukan isolasi mandiri di rumah dengan mengkonsumsi obat-obatan jenis tersebut. []

Advertisement
Advertisement