July 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kejadian Lagi, Dua PMI yang Terlalu Rajin Bekerja di Sheung Wan, Mendapat Hadiah Menginap di Hotel Prodeo

1 min read
Shatin Magistrates’ Courts (Foto Istimewa)

Shatin Magistrates’ Courts (Foto Istimewa)

HONG KONG – Sejatinya, informasi terkait pelarangan bekerja diluar job atau visa tinggal yang dikantongi oleh setiap pekerja migran di Hong kong sudah sering sekali tersiar. Namun entah kenapa, pelanggaran akan hal tersebut masih saja terus terjadi.

Terkini, dua orang PMI berinisial SA dan Y yang masing masing berusia 24 dan 34 tahun harus berurusan dengan proses hukum di Hong Kong setelah tertangkap tangan petugas dari tim pemberantasan pekerja ilegal tengah melakukan aktifitas bekerja di sebuah restauran di kawasan Sheung Wan.

Kedua PMI tersebut seharusnya hanya boleh mencuci piring dan gelas di rumah majikan masing masing. Namun, mungkin karena saking tingginya etos kerja yang dimliki oleh keduanya, setelah tertangkap aparat, sistem hukum di Hong Kongpun langsung mengganjarnya dengan hadiah.

Kemarin (13/03/2023) siang, hakim yang memimpin jalannya persidangan di pengadilan Shatin memutus kedua PI tersebut bersalah dan memerintahkan kepada Lembaga pemasyarakatan untuk memenjarakan keduanya selama 15 bulan. []

Advertisement
Advertisement