July 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kelopak Mata Kananmu Kedutan ? Jangan Diremehkan, Begini yang Sedang Terjadi

3 min read

JAKARTA – Kelopak mata kanan atas berkedut merupakan salah satu hal yang kerap dialami. Banyak orang yang menyambungkan pengalaman itu dengan mitos.

Misalnya, menurut Primbon, kelopak mata kanan atas berkedut bisa jadi tanda bakal mendapat rezeki yang banyak. Selain itu, dalam buku ‘Tafsir 1672 Mimpi’ oleh D. Raditya, pengalaman itu dikatakan sebagai ciri mau mendapat keuntungan.

 

Arti Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas Menurut Medis

Berbeda dengan primbon, kedutan di mata kanan atas menurut medis bisa terjadi tanpa alasan yang jelas. Namun, ada juga beberapa indikasi yang diberikan. Berikut selengkapnya.

 

  1. Stres dan Lelah

Kedutan pada kelopak mata kanan atas bisa menandakan Anda sedang stres atau kelelahan. Faktornya beragam, seperti terlalu lama menatap layar laptop, televisi, maupun smartphone.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba metode relaksasi seperti yoga dan pernapasan dalam yang bisa membantu mengelola stres dan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Setelah Anda dapat perlahan mengatasi masalah stres, kedutan mata kemungkinan besar juga akan hilang.

 

  1. Kekurangan Magnesium

Kekurangan nutrisi penting seperti magnesium bisa memicu kejang kelopak mata. Minum kafein dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan kelopak mata berkedut.

 

  1. Mata Kering

Kondisi ini umum terjadi di antara orang yang berusia di atas 50 tahun. Mata kering juga bisa menyebabkan mata berkedut.

Jika Anda pernah mengalami masalah ini, maka Anda harus menjalani pemeriksaan mata agar dokter bisa mengevaluasi kesehatan visual dan memberikan bentuk perawatan yang paling tepat.

 

  1. Mengalami Alergi

Orang yang menderita alergi memang seringkali mengalami mata bengkak, gatal, atau berair. Menggosok mata juga bisa melepaskan histamin di jaringan kelopak mata dan air mata yang bisa menyebabkan kedutan di kelopak mata kanan atas.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, Anda bisa mempersiapkan beberapa tetes mata atau tablet antihistamin setelah berkonsultasi dengan dokter.

 

  1. Mata Tegang

Orang yang menghabiskan banyak waktu di depan layar akan mengalami ketegangan mata yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelopak mata kanan atas menjadi berkedut.

Untuk mencegah hal ini, pastikan untuk selalu mengikuti aturan 20-20-20, yang berarti setelah 20 menit menatap layar laptop, televisi, atau smartphone, melihat objek yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Dengan cara seperti ini bisa mengurangi kelelahan pada mata yang bisa memicu kedutan kelopak mata kanan atas.

Selain itu, kacamata dengan pelindung cahaya biru juga bisa meredakan ketegangan mata. Hal ini karena dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, kedutan kelopak mata kanan atas menurut medis merupakan gejala awal dari beberapa kelainan pergerakan kronis.

Terutama jika kedutan di kelopak mata disertai dengan kedutan di bagian wajah yang lain atau gerakan-gerakan yang tidak dapat dikontrol.

Mengutip dari jurnal National Center for Biotechnology Information, untuk mengatasi kedutan pada kelopak mata kanan atas, pasien direkomendasikan untuk istirahat dan mengurangi faktor-faktor resikonya seperti minum alkohol, merokok, dan asupan kafein.

Dalam kasus myokymia secara persisten selama lebih dari tiga bulan, mungkin diperlukan penanganan lebih lanjut. Suntikan toksin botulinum atau botoks merupakan pengobatan tahap pertama dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Namun, umumnya kedutan kelopak mata kanan atas dapat dicegah dengan mengurangi penyebabnya secara umum seperti stres, kelelahan, dan kafein. Anda juga bisa mencoba untuk mengelola stres agar otot-otot tubuh menjadi lebih rileks secara keseluruhan.

Demikian penyebab dan cara mengatasi kedutan pada kelopak mata kanan atas. Semoga bermanfaat! []

Advertisement
Advertisement