May 9, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Keren, Filipina Tetapkan 1 Februari Sebagai Hari Hijab Nasional

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

HONG KONG – Filipina resmi menetapkan 1 Februari sebagai Hari Hijab Nasional. Penetapan ini dilakukan usai Dewan Perwakilan Rakyat Filipina menyetujui rancangan undang-undang tentang hari nasional tersebut.

Penetapan ini dilakukan untuk mempromosikan pemahaman yang lebih dalam tentang Islam serta toleransi terhadap agama lain di seluruh negeri.

Dilansir dari Arab News, Kongres Filipina pada hari Selasa (26/01/2021) lalu menyetujui rancangan undang-undang tersebut dengan dukungan suara dari 203 anggota.

Amihilda Sangcopan dari partai Anak Mindanao yang merupakan penulis utama dan sponsor Rancangan Undang-undang DPR Nomor 8249 mengucapkan terima kasih kepada semua anggota parlemen karena mengesahkan undang-undang tersebut.

Secara umum, undang-undang baru ini disusun demi mempromosikan pemahaman yang lebih besar di kalangan non-Muslim tentang praktik dan nilai jilbab sebagai tindakan kesopanan dan martabat bagi wanita Muslim.

Lebih lanjut, aturan tersebut juga mendorong wanita Muslim dan non-Muslim untuk merasakan manfaat dari mengenakannya.

Dengan disahkannya aturan ini, para anggota dewan juga berharap bisa menghentikan diskriminasi terhadap hijabi dan kesalahpahaman tentang pilihan busana. Selama ini penggunaan hijab sering disalahartikan sebagai simbol penindasan, terorisme, dan kurangnya kebebasan.

“Wanita berhijab telah menghadapi beberapa tantangan di seluruh dunia. Beberapa universitas di Filipina melarang pelajar Muslim mengenakan jilbab,” ungkap Sangcopan. []

Advertisement
Advertisement