February 25, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Keutamaan Berdoa Setelah Berwudhu

3 min read

JAKARTA – Wudhu merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan sebelum melaksanakan salat, baik salat wajib maupun sunnah.

Wudhu merupakan salah satu cara untuk mensucikan anggota tubuh dengan air, tapi dalam beberapa kondisi tertentu, wudhu juga bisa dilakukan dengan tayamum atau menggunakan debu.

Sebelum melaksanakan ibadah salat, baik wajib ataupun sunnah, kita diwajibkan untuk berwudhu terlebih dulu. Ini karena, menjaga kesucian merupakan salah satu syarat sah salat.

Dikutip dari merdeka.com, menurut bahasa, wudhu berarti bersih dan indah, sedangkan menurut syara’, wudhu artinya membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadats kecil. Hukum berwudhu adalah wajib ketika seorang Muslim hendak melaksanakan salat, thawaf, dan saat hendak menyentuh Al-Qur’an.

Wudhu yang benar, dikatakan mampu menggugurkan dosa dari anggota tubuh yang dibasuh. Ketika selesai berwudhu, jangan langsung pergi untuk mendirikan salat. Akhirilah, amalan wudhu ini dengan membaca doa selesai wudhu, agar wudhu kita menjadi lebih lengkap.

Dilansir dari viva.co.id, Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Maidah ayat 6:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Maidah: 6)

Wudhu harus dilakukan dengan benar karena akan menggugurkan dosa dari anggota tubuh yang dibersihkan. Ketika selesai melaksanakan wudhu, jangan langsung pergi untuk mendirikan salat. Tapi, akhirilah wudhu dengan membaca doa setelah wudhu, agar wudhu menjadi lebih lengkap.

Doa setelah wudhu

Keutamaan doa setelah wudhu

Apabila wudhu dilakukan dengan sempurna dan ditutup dengan doa, maka, kita akan mendapatkan salah satu keutamaan yaitu dibukakan delapan pintu surga dan bisa masuk melalui pintu mana pun yang ia inginkan, seperti yang disebutkan dalam hadis berikut.

“Barangsiapa berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.” Maka, dibukalah delapan pintu surga untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi).

 

Doa setelah wudhu

Dikutip dari islamawarness.net, doa yang harus dipanjatkan setelah melaksanakan wudhu adalah:

Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rosuluh, allohummaj’alnii minattawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriin. Subhanakallohumma wa bihamdika, asy-hadu alla ilaaha illa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaik.

Artinya: “Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci. Mahasuci Engkau Ya Allah dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu.”

Tidak banyak kaum Muslim yang mengetahui dahsyatnya keutamaan berdoa setelah berwudhu yaitu dibukakan delapan pintu surga dan dirinya bisa masuk melalui pintu mana pun yang ia inginkan. Semoga kita termasuk salah satunya yang dijelaskan dalam hadis riwayat Tirmidzi. []

Advertisement
Advertisement