September 27, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Keutamaan Sabar itu Sangat Besar

3 min read

JAKARTA – Sabar dalam agama Islam memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar. Karena sabar adalah termasuk perilaku mulia yang sangat perlu untuk dilakukan oleh seluruh umat Muslim dalam mengahadapi ujian dan cobaan di dalam kehidupan ini.

Sabar dalam bahasa Arab As Shabru merupakan masdar dari fi’il madhi yang berarti menahan diri dari keluh kesah. Dan sabar juga berarti menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh.

Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Semakin tinggi kesabaran yang seseorang miliki maka semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan. Sabar juga sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Mengutip dari kumparan.com, Allah SWT memerintahkan makhluk-Nya untuk sabar bukan tanpa alasan. Terdapat berbagai manfaat sabar dalam Islam. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

  1. Mendapat Pahala

Allah berjanji akan menganugerahkan pahala kepada umat-Nya yang sabar. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surah An-Nahl ayat 96 yang berbunyi:

“Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

 

  1. Orang yang Sabar dapat Mengambil Hikmah

Ketika dihadapkan pada musibah, kita seringkali merasa sedih, bahkan emosi. Namun, apabila kita sabar dan memahami bahwa semua yang terjadi adalah kehendak Allah SWT, kita bisa mengambil hikmah dari ujian hidup yang sedang kita hadapi.

Allah SWT berfirman:

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat Kami, (dan Kami perintahkan kepadanya): “Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah. Sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur.” (QS. Ibrahim:5).

Mengutip dari ccnindonesia.com, keutamaan dan janji Allah untuk orang yang sabar banyak terdapat di dalam Al-Qur’an. Berikut keutamaan dan balasan bagi orang yang sabar.

 

  1. Kesudahan yang baik

Allah SWT menjanjikan orang-orang yang sabar menuai kesudahan yang baik setelah melewati cobaan dan ujian yang diberikan. Janji Allah ini terdapat dalam surah Hud ayat 49 dan Ar-ra’d ayat 22.

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),” surah Ar-Ra’d ayat 22.

 

  1. Keberuntungan

Allah SWT juga akan memberikan keberuntungan bagi orang-orang yang sabar, sesuai dengan surah Ali Imran ayat 200.

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung,” surah Ali Imran ayat 200.

Dalam surah Al-‘Asr ayat 2-3 juga disebutkan, orang-orang yang sabar saling menasihati dalam kesabaran tidak masuk dalam golongan manusia yang rugi.

 

  1. Disukai Allah

Sesuai surah Ali Imran ayat 146, Allah SWT berfirman, Allah menyukai orang-orang yang sabar.

Dalam surah Al-Anfal ayat 46 dan Al-Baqarah 249 disebutkan bahwa Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.

 

  1. Diberi petunjuk

Allah akan memberikan kabar gembira, petunjuk, berkah, dan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sabar. Hal ini sesuai dengan surah Al-Baqarah ayat 155-157.

“Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk,” surah Al-Baqarah ayat 155-157.

 

  1. Martabat yang tinggi di surga

Di akhirat, Allah menjanjikan martabat yang tinggi bagi setiap orang yang menjalani kehidupan di dunia dengan sabar.

“Mereka itulah orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya,” Al-Quran surah Al-Furqan ayat 75.

Begitu besar keutamaan atau pahala sabar yang didapatkan oleh seorang Muslim, yang mampu dengan ikhlas dan sabar menerima ujian dan cobaan yang datang silih berganti. Semoga kita termasuk orang orang yang sabar, yang senantiasa bertawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply