December 10, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Kutang Hiburan (?) Dari Politisi, Ustadz, Hingga Kalangan Mbok Ndewor Tukang Komentar Ngomongin Betapa Hebatnya Klepon

2 min read

ApakabarOnline.com – Mendadak media sosial diramaikan oleh pembahasan isu yang nggak keren dan cenderung memecah belah persatuan. Isu itu menuduh kue tradisional klepon tidak Islami.

Dari politisi sampai tokoh agama pun ikut membahasnya, tentu saja dengan perspektif masing-masing. Ada yang serius, ada pula yang menjadikannya guyonan supaya urat nggak tegang.

Politikus PDI perjuangan Budiman Sudjatmiko melalui akun Twitter @budimandjatmiko mengatakan: “Jadi kalau ada tahlilan dengan pak kyai di kampung dan disajikan klepon maka tahlilannya akan kurang Islami dibanding misal jemaah Gereja Koptik di Mesir atau Gereja Ortodoks di Palestina yang mengunyah kurma…”

Sedangkan pendapat yang lebih serius diutarakan oleh politikus PKS Tifatul Sembiring melalui akun Twitter @tifsembiring. Menurut dia narasi isu ini mudah terbaca. Dia membandingkan isu klepon ini dengan isu propaganda PKI untuk mendiskreditkan Islam dan tokoh agama.

“Dilihat modusnya, isu “Kelepon Islami” itu persis cara propaganda PKI memojokkan Islam dan ulama dari zaman baheula. Seolah konten dibuat kalangan Islam, padahal pihak komunis yang memproduksinya. Agar bisa mengolok, membully Islam dan ulama. Gampang dibaca. Setuju Lur?” katanya.

Sementara menurut pendapat pegiat media sosial Denny Siregar melalui akun Twitter @Dennysiregar7 saking tidak ada hal menarik lainnya untuk dibahas, masalah klepon pun sampai viral.

“Kita ini emang pada kurang hiburan,” kata tokoh yang baru saja menjadi korban pencurian data pribadi.

Ustaz Hilmi Firdausi yang mengaku penggemar berat Kue Klepon berpendapat sama dengan Tifatul. Isu itu bertujuan untuk membikin sinis terhadap Islam.

Dia tak mau terpancing dengan menanggapi isu itu secara serius. Dia bilang dengan bercanda, tentu saja klepon tidak Islami kalau isinya daging babi.

“Tujuannya sudah jelas… buat orang makin sinis sama Islam, sama kajian-kajian Islam yang sedang marak… Kue Klepon memang ga Islami, kalau isinya daging babi Btw, beneran saya ini penggemar klepon, kue putu, dodongkal, awug dsj. Endes bingits,” katanya melalui akun Twitter @Hilmi28.

“Klepon itu kue yang halalan thoyyiban dan enak banget, yang ga enak itu kalau klepon ga diangkat dan WA diread doank ga dibales-bales… perih tau. Btw, untuk para Islamophobia… false flag kalian kali ini Zonk. Kue, kue apa yang paling ngenes… Kuecian deh lo,” Hilmi menambahkan. []

Advertisement
Advertisement