June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Lebih Dari 100 Orang Terluka, Ratusan Orang Mengungsi, Ribuan Kendaraan Harus Diperbaiki, Berikut Update Dampak Banjir dan Longsor di Hong Kong Per Hari Ini

2 min read

HONG KONG – Hujan deras ekstrim yang turun mengguyur Hong Kong pada Kamis hingga Jumat (07-08/09/2023) mengakibatkan genangan air banjir dan longsor dimana-mana. Banjir dan longsor dilaporkan merata di seluruh distrik di Hong Kong, yang menggenangi 60 titik.

Selain itu, bencana hidrotermologi ikutan banjir, yakni tanah longsor tidak bisa dihindari. Sampai dengan berita ini diturunkan, jumlah longsor telah terjadi di 39 titik dengan tingkat keparahan beragam.

Setelah hujan ekstrim mereda kemarin (08/09/2023) malam, berbagai upaya pembenahan dan penanganan paska banjir dan longsor terus dilakukan.

Timbunan material lumpur dan sampah yang terbawa arus banjir di berbagai tempat terus dibersihkan dan berangsur-angsur mulai kembali seperti sedia kala. Hal tersebut menjadi prioritas agar sarana transportasi umum bisa segera dipulihjkan operasinya pada hari ini (09/09/2023).

Namun demikian, masih ada beberapa dampak longsor yang belum bisa direcoveri seperti sedia kala mengingat kondisi dan medan. Dampak longsor yang belum bisa ditangani seperti sedia kala memang tergolong kategori berat, misalnya badan jalan yang amblas, atau material longsoran berupa bebatuan besar dari lereng perbukitan  yang menutup akses jalan maupun kawasan pemukiman.

Hong Kong Hospital Autority melaporkan, sampai dengan tadi malam, sebanyak 144 orang mendapatkan perawatan akibat terdampak banjir dan longsor.

Sementara itu, data yang diumumkan Kementrian Dalam Negeri menyebutkan, terdapat 335 warga berada di pengungsian. Mereka tersebar di 15 shelter yang dibuka untuk menampung warga yang terdampak banjir dan tanah longsor.

Hingga saat berita ini diturunkan, belum diperoleh informasi terkait besarnya kerugian yang ditimbulkan oleh bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Hong Kong kemarin.

Sementara itu, pantauan cuaca Hong Kong pada hari ini (09/09/2023) masih akan diliputi mendung dan hujan sepanjang hari dengan intensitas sedang hingga lebat. Suhu udaha berkisar antara 25 derajat celcius pada titik terendah dan 29 derajat celcius pada titik tertinggi. []

Advertisement
Advertisement