October 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mak Plong, Kepala Disnaker Tulungagung Bawa Kabar Melegakan untuk CPMI di Tulungagung

2 min read

TULUNGAGUNG – Mulai Bulan Agustus 2021 lalu ribuan calon pekerja migran indonesia (PMI) asal kabupaten Tulungagung yang bertujuan ke negara tujuan Taiwan sempat tertunda keberangkatannya.

Menurut Kepala Disnakertrans Tulungagung, Agus Santosa, Calon PMI yang belum berangkat ke negara Taiwan tersebut dikarenakan belum adanya kesepakatan (deal atau clear) oleh negara Taiwan itu sendiri.

Namun, mulai saat ini untuk para calon PMI yang bertujuan untuk bekerja ke negara Taiwan sudah mendapatkan lampu hijau.

“Lha ini sudah ada kejelasan, dari Konjen-Konsulat Jenderal yang di Taiwan sudah memberikan lampu hijau dan dalam satu bulan dua bulan ini akan berangkat. Ini ribuan yang belum berangkat, ya sekitar dua ribu orang mulai Agustus (2021) kemarin lo ya dan ini sudah ada lampu hijau untuk  berangkat ke Taiwan,” terang Agus kemarin (13/07/2022).

Sedangkan untuk PMI yang bertujuan ke negara Eropa tidak ada hambatan sama sekali alias lancar lancar saja.

“Kalau ke Eropa malah lancar, karena (negara) Ukraina, Rusia, tidak berdampak luas pada tenaga kerja,” jelas Agus.

Sementara itu, Mahrozin selaku penanggung jawab PT Prima Duta Sejati (PDS) Cabang Tulungagung mengatakan, bahwa mulai awal bulan Juli 2022 ini jumlah tenaga kerja yang diberangkatkan melalui PT nya mengalami peningkatan.

“Mulai awal Juli kemarin  ada peningkatan hingga 60 persen dibandingkan sebelumnya,” terang Mahrozin yang akrab disapa Rozin saat ditemui di stand Job Fair Disnakertrans Tulungagung.

Ditambahkan Rozin, di PT PDS saat ini membuka lowongan kerja ke luar negeri yang diantaranya adalah negara tujuan Taiwan di sektor informal yakni PRT dan di sektor formal yakni bekerja di Pabrik, Perawat, dan Nelayan.

Untuk negara tujuan Hongkong dan Singapura yakni lowongan sebagai pembantu rumah tangga (PRT).

“Dari berbagai lowongan ini yang paling banyak diminati adalah untuk negara tujuan Taiwan. Selain itu, kami juga membuka lowongan kerja di negara Jepang bidang Manufaktur dan perawat. Untuk tujuan Hungaria ada di bidang Perhotelan dan Pabrik. Sedangkan di Aljazair lowongan ada di bidang Kontruksi,” tambahnya.

Masih menurut Rozin, di PT nya ini menyediakan fasilitas diantaranya adalah tempat  penampungan yang nyaman dan luas, Laboratorium bahasa lengkap, Balai Latihan Kerja (BLK-LN) yang nyaman dan lengkap, selain itu juga ada Mushola serta air bersih dan sejuk.

“Untuk lebih jelasnya, bagi yang berminat bisa langsung datang ke kantor PT. PDS pusat (BLKLN & penampungan) jalan raya Tanjung No 52-54 Gempol Pasuruan atau ke kantor cabang PT PDS di Tulungagung tepatnya di jalan Mayor Sujadi Timur Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru atau bisa menghubungi nomor telp 0355 – 324215 dan HP: 081357779763,” tandasnya. []

Sumber Petisi

Advertisement
Advertisement