Makna Penting dari Lima Tahun Pertama Usia Pernikahan

Prime Banner

Sejak hari pertama menikah, akan ada banyak hal yang dijadikan impian bersama. Mulai dari memiliki rumah sendiri, hingga rencana untuk memiliki dan mengasuh anak bersama.

Tak terasa, tahun demi tahun terlewati dan usia pernikahan telah melewati tahun kelima atau lebih.

Begitu banyak hal yang sudah dialami bersama, tahun kelima rasanya masih seperti baru kemarin saja mengucap janji.

Meski baru menginjak tahun kelima, setidaknya ada 3 pelajaran ini bisa diambil dari 5 tahun pertama pernikahan.

 

  1. Kenang Setiap Momen dan Tahap yang Ada

Dalam pernikahan akan hadir berbagai fase, beberapa mungkin akan terasa panjang dan sebagian akan terasa sangat singkat. Jalani semua momen dengan penuh keseriusan dan cinta, terlepas dari apa pun rencana yang suami istri buat.

Jika anda dan pasangan tak bisa berbahagia dari satu petak kontrakan bersama, anda dan pasangan tak akan menemukan kebahagiaan meskipun tinggal di satu rumah besar dengan berbagai kamar.

Lima tahun pertama pernikahan akan berlalu tanpa terasa, tak usah khawatir tentang langkah-langkah besar lainnya. Pastikan anda dan pasangan menemukan alasan setiap hari untuk saling mencintai satu sama lain, bahagia sudah memutuskan untuk menikah, dan bahagia karena menemukan satu sama lain.

 

  1. Jangan Ragu Untuk Meminta Maaf Terlebih Dulu

Meskipun sebelum menikah istri merupakansosok perempuan yang mandiri dan tangguh, dalam pernikahan akan ada momen-momen di mana ego setinggi langit harus ditekan serendah mungkin demi mempertahankan pernikahan.

Jadilah orang yang selalu mencoba untuk meminta maaf terlebih dahulu agar komunikasi bisa tetap terjaga dan tidak muncul ketegangan berlarut-larut.

 

  1. Pernikahan Itu Berat, Tapi Bukan Berarti Tidak Mungkin

Meskipun kadang bikin stres, tapi penting untuk diingat bahwa kita sudah berjanji untuk tetap bersama hingga maut memisahkan.

National Center For Health Statistics melaporkan bahwa hubungan dengan usia pernikahan di bawah 20 tahun sebanyak 80 persen akan berakhir dalam 5 tahun, 70 persen dalam 10 tahun, 60 persen setelah 15 tahun, dan 50 persen dalam 20 tahun.

Apa artinya? Jika kita memiliki seseorang yang bisa diajak berdiskusi dan berdebat, kesempatan untuk mempertahankan pernikahan akan semakin tinggi.

Karena itulah, penting untuk selalu mengingat bahwa meski pernikahan itu tidak mudah, namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa akan selalu ada dua insan yang saling mencintai hingga maut memisahkan.[]

You may also like...