December 6, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ?

2 min read
-

Mandi merupakan salah satu cara mudah untuk menyegarkan diri. Tidak jarang mandi juga digunakan untuk relaksasi usai menjalankan rutinitas sehari-hari. Ternyata suhu air yang digunakan untuk mandi memiliki berbagai manfaat tersendiri. Istilahnya beda suhu beda manfaatnya!

Misalnya saja saat ingin meningkatkan konsentrasi di pagi hari. Maka salah satu alternatif mudahnya dapat dilakukan dengan mandi menggunakan air dingin. Kesegaran air dingin juga ditengarai mampu meningkatkan konsentrasi sehingga cocok dilakukan sebelum masuk kerja.

Karena kesegarannya, mandi dengan air dingin ternyata juga dapat membantu memulihkan energi. Karena itulah mandi dengan air dingin disebut-sebut dapat meningkatkan kecepatan metabolisme Anda. Selain meningkatkan konsentrasi, mandi dnegan air dingin juga dapat meningkatkan performance atau kinerja seseorang.

Selain itu mandi dengan air dingin ternyata juga dapat membantu untuk membakar lemak serta melembutkan kulit. Perbedaan suhu dengan suhu tubuh, mandi dengan air dingin umumnya memerlukan waktu yang lebih singkat. Berbeda halnya dengan mandi menggunakan air panas. Saat mandi dengan air panas, tentu orang dapat lebih betah untuk berlama-lama di kamar mandi.

Berbeda halnya saat mandi dengan air dingin, mandi dengan air panas lebih bermanfaat dalam proses relaksasi tubuh serta meminimalisir stres. Karena itulah mandi dengan air hangat cocok dilakukan di sore hari. Mandi air hangat juga dipercaya dapat meringankan beberapa gangguan penyakit ringan seperti meringankan sakit kepala hingga mengurangi gejala hidung tersumbat.

Suhu air yang hangat dapat membuat rileks kepala serta memudahkan pengeluaran lendir yang menyumbat hidung. Selain itu mandi dengan air hangat juga bermanfaat bagi kecantikan Anda. Selain itu mandi  air hangat ternyata dapat membuka pori-pori tubuh. Saat pori-pori terbuka, maka membersihkan kotoran yang menempel di kulit pun akan menjadi lebih mudah.

Selain itu pori-pori yang terbuka juga akan memudahkan tubuh untuk mengeluarkan racun. Menariknya lagi, mandi dengan air hangat ditengarai dapat meredakan gejala insomnia. Sudah mandi hari ini?

 

Sumber: brightside.me

Advertisement
Advertisement