June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Manfaat Tidur Tanpa Bantal

2 min read

JAKARTA – Tidur tanpa menggunakan bantal ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Maka sangat sayang untuk dilewatkan.

Dikutip dari halodoc.com, tidur tanpa bantal diduga sangat cocok untuk mereka yang sering mengeluhkan sakit leher atau punggung ketika bangun tidur.

Menurut penelitian, tidur tanpa bantal akan membantu punggung memanjang, dan kamu akan beristirahat dalam posisi alami tanpa konsekuensi atau rasa sakit.

Lantas, apa saja lagi manfaat yang dapat kita peroleh ketika tidur tanpa bantal?

Melansir yoursay.id dari sehatq.com, berikut beberapa manfaat tidur tanpa batal:

 

  1. Mengurangi Risiko Alergi

Hampir sebagian orang mempunyai riwayat alergi debu dan tidur dengan menggunakan bantal ini justru memperburuk kondisi.

Apalagi bakteri, debu, kotoran dan hal lainnya cenderung bisa masuk ke dalam bantal seiring waktu. Apabila hal ini menyentuh ke area wajah maka kondisi alergi ini bisa kambuh, sehingga manfaat tidur tanpa bantal ini dapar mengurangi risiko alergi tersebut.

 

  1. Tidur Lebih Pulas dan Nyenyak

Apabila kamu tidur dengan menggunakan bantal, hal ini bisa mengganggu kualitas tidur karena bisa mengubah posisi dan berpotensi menjadi terasa gelisah sehingga memicu stres.

Dengan tidur tanpa menggunakan bantal hal ini bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik dan nyenyak, sehingga tingkat stres pun bisa berkurang secara alami.

 

  1. Cegah Kerutan dan Jerawat di Wajah

Dalam sebuah studi yang dikeluarkan oleh Aesthetic Surgery Journal, jika orang tidur dengan memakai bantal hal ini bisa membuat mereka akan menempelkan salah satu sisi wajahnya ke bantal.

Hal ini pun dapat membuat pori-pori kulit tidak bisa bernapas dan menyebabkan wajah lebih berkeringat, sehingga terjadi penumpukan lemak serta minyak di wajah.

Kemudian, bantal juga bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri dari sarung bantal dan berpindah ke wajah sehingga menimbulkan jerawat.

Apalagi, jika kamu malas mengganti sarung bantal yang digunakan dan selain itu bisa memunculkan kerutan karena tekanan kepala di bantal sepanjang malam.

Oleh karena itu, tidur tanpa bantal baik untuk kesehatan kulit ini bisa mencegah timbulnya jerawatan dan kerutan.

Nah, itulah beberapa dampak positif bagi kesehatan jika kita tidur semangat gunakan bantal. []

Advertisement
Advertisement