July 1, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mau Tahu Peluang Kerja bagi PMI setelah Kembali ke Indonesia ?

2 min read

HONG KONG – Pekerja Migran Indonesia  (PMI) yang berada di Hong Kong pada umumnya bekerja di sektor domestik. Dengan latar belakang pendidikan SMP dan SMA tentunya PMI di Hong Kong membutuhkan pendidikan lanjutan agar sekembalinya ke tanah air dapat membawa ijazah pendidikan yang lebih tinggi, memiliki keterampilan usaha, dan juga membawa modal untuk pengembangan usaha. PMI di Hong Kong memiliki motivasi tinggi dalam melanjutkan studi  di sela-sela kesibukan mereka bekerja, baik pada sekolah kejar paket atau kursus bahkan melanjutkan kuliah.

Akan tetapi, masih memerlukan informasi lebih banyak tentang kebijakan pendidikan yang belum banyak diketahui oleh PMI. Antara lain daftar lembaga pendidikan yang diakui DIKTI di Indonesia, kesesuaian/kesetaraan jenjang pendidikan yang ditempuh pada lembaga pendidikan  di luar negeri dan Indonesia, serta penyetaraan ijazah setelah kembali ke Indonesia. Informasi tersebut perlu diperhatikan karena berdampak pada keberlanjutan jenjang pendidikan yang akan ditempuh setelah kembali ke Indonesia ataupun kemanfaatan ijazah dalam mencari kerja di pemerintah atau swasta yang menghendaki penyetaraan ijazah dari luar negeri.

Indonesia memiliki kebijakan pendidikan yang mengatur semua jalur dan jenjang pendidikan termasuk pendidikan bagi WNI yang berada di luar negeri.  Agar PMI di Hong Kong mendapat advokasi pendidikan maka kegiatan Workshop Pendidikan: Cerdas Memilih Kesempatan Belajar bagi Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong ini penting untuk dilakukan. Tujuan program ini adalah peningkatan literasi  tentang kebijakan pendidikan dan dapat menentukan pilihan program dan lembaga pendidikan, supaya PMI di Hong Kong mampu mengidentifikasi  lembaga pendidikan yang sesuai dengan target pendidikan dan perencanaan karir PMI.

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara KJRI Hong Kong, TCK Learning Center Hong Kong, PCIA Hong Kong, dan Universitas Negeri Yogyakarta Indonesia ini akan dilaksanakan selama 3 sesi, yaitu pada Hari Minggu tanggal: 19 Juni, 26 Juni, dan 3 Juli 2022. Workshop ini menghadirkan Nara Sumber dari Hong Kong dan Indonesia dengan tema-tema terpilih:

  1. Pendidikan untuk Semua
  2. The Benefits of Studying and the Opportunity of Formal & Non Formal Education
  3. Sistem Pendidikan di Indonesia: Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal
  4. Lembaga Pendidikan Indonesia dan Peluang Belajar di Hong Kong
  5. Pendidikan Informal: Pengasuhan Jarak Jauh
  6. Memilih Peluang Pendidikan
  7. Peluang Kerja bagi PMI setelah Kembali ke Indonesia berdasarkan Pendidikannya
  8. Action Plan

 

Workshop juga menghadirkan pembicara  inspiratif yang memiliki kisah sukses sebagai PMI dalam mendidik/mengasuh anak dan pembicara inspiratif yang memiliki kisah sukses sebagai PMI dalam menempuh pendidikan formal. Jangan lewatkan kesempatan ini. []

Advertisement
Advertisement