May 18, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Melahirkan, PMI Asal Lumajang Meninggal Dunia

1 min read

LUMAJANG – Meninggal dunia saat melahirkan, bagi yang meyakini, merupakan jalan kematian syahid untuk perempuan. Demikian pula yang terjadi dengan Nur Halimah, seorang [ekerja migran Indonesia (PMI) asal Lumajang Jawa Timur.

Menyitir pemberitaan Berita Lumajang, almarhumah merupakan warga asal Dusun Kotok Desa/Kecamatan Jatiroto yang meninggal di Malaysia.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lumajang melaporkan, Nur Halimah meninggal dunia saat melahirkan. Jenazah sudah dibawa ke rumah duka di kampung halamannya, Rabu (07/08/2019).

Soekarmiati, Kepala Bidang Pengembangan Ketenagakerjaan Disnaker Lumajang menyampaikan, jenazah diterbangkan dari Malaysia pukul 8 pagi. Kemudian tiba di Bandara Juanda dan dibawa menggunakan ambulan ke Lumajang.

Biaya kepulangan jenazah harus ditanggung sendiri oleh pihak keluarga. Karena yang bersangkutan diketahui bukan PMI prosedural / legal.

“Di data kita juga tidak ada nama beliau,” katanya.

Proses pemulangan jenazah ke tanah air ini, menurutnya juga dibantu oleh Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI). Disnaker juga mendapat informasi kematian dan pemulangan dari SBMI.

Sebelumnya, pada akhir bulan Juli, juga ada PMI Lumajang meninggal di luar negeri. Ramadhani, PMI berusia 24 tahun asal Desa Tegal Bangsri Kecamatan Ranuyoso meninggal dunia di Malaysia. []

Advertisement
Advertisement