June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Melakukan Hubungan Intim Setelah Olah Raga itu Banyak Sekali Manfaatnya

2 min read

JAKARTA – Meski terdengar melelahkan, hubungan seks setelah berolahraga setidaknya harus Anda coba bersama pasangan, hal tersebut punya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id, ahli urologi dan pakar kesehatan seksual di Orlando Health Dr. Jamin Brahmbhatt, MD, mengatakan bahwa seks pasca olahraga jadi waktu terbaik, sebab manfaatnya bisa sangat menakjubkan.

“Setelah berolahraga, Anda mungkin berkeringat, tetapi hal itu tidak membuat Anda menghindari seks terbaik dalam hidup Anda,” kata Jamin dikutip dari Mens Health.

Dikutip dari Beritajatim.com, berikut empat alasan hubungan seks setelah olahraga sangat baik dilakukan.

 

  1. Hormon sudah rusak

Pernah bertanya-tanya mengapa libido naik setelah berolahraga? Ada alasan ilmiah yang bagus untuk itu. Dokter Jamin menjelaskan bahwa hormon-hormon dalam tubuh yang membuat terasa nyaman biasanya sedang mencapai puncak pasca olahraga.

Hormon-hormon itu termasuk adrenalin dan dopamin, alias bahan kimia yang disebut perasaan baik.

“Penelitian telah menunjukkan peningkatan alami testosteron dalam waktu satu jam setelah berolahraga,” jelas pakar seksual di Orlando Health, Jamin Brahmbhatt.

Bahkan jika seseorang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau HIIT, penelitian menunjukkan bahwa peningkatan testosteron akan lebih besar.

Bahkan lebih baik lagi jika olahraga dilakukan bersama dengan pasangan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan tingkat testosteron lebih tinggi cenderung memiliki dorongan seks yang lebih besar juga.

 

  1. Ereksi mungkin lebih kuat

Olahraga yang baik meningkatkan aliran darah ke setiap bagian tubuh, termasuk organ seks yang vital tersebut.

“Anda bahkan mungkin mengalami ereksi yang lebih keras karena darah sudah mengalir dengan kecepatan yang lebih tinggi,” kata Jamin.

Meskipun demikian, Dr. Jamin juga menunjukkan bahwa peningkatan aliran darah mungkin menyebabkan pria mencapai orgasme sedikit lebih cepat dari biasanya. Jika itu masalahnya, pastikan untuk mengimbanginya dengan memberikan sedikit perhatian lebih pada pasangan.

Dokter Jamin menyarankan, untuk mendapatkan manfaat tersebut sebaiknya hubungan seksual dalam 15-60 menit setelah berolahraga.

“Ini adalah saat darah Anda akan mengalir ke seluruh organ vital dan otot Anda dan hormon perasaan baik Anda sedang memuncak,” katanya.

 

  1. Bisa membakar sejumlah kalori tambahan

Seks memang bukan pengganti olahraga, karena tidak membakar banyak kalori. Namun jika menginginkan peningkatan pembakaran kalori yang minimal, dokter Jamin mengatakan, berpotensi membakar dua hingga empat kalori ekstra setiap menitnya.

 

  1. Membuat wanita lebih tertarik

Meskipun penelitian mengenai hubungan antara aroma dan ketertarikan seksual masih beragam, menurut Studi T-shirt Berbau yang dilakukan oleh ahli biologi Swiss Claus Wedekind, beberapa wanita sebenarnya lebih tertarik pada pria yang sedikit bau.

Sebuah studi lanjutan pada tahun 2013 bahkan menemukan bahwa efeknya meningkat ketika seorang pria memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dalam keringatnya.  []

Advertisement
Advertisement