April 16, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Membawa Virus, Dianggap Mengancam Hong Kong, Kedatangan PRT Asal Filipina Diminta Ditangguhkan

1 min read
Informasi Pendaftaran Pemilih

HONG KONG – Konsultan Pemerintah Hong Kong Pakar Sistem Pernafasan, Profesor David Hui dalam siaran radio kemarin (08/04/2021) mengatakan kedatangan PRT asing asal Filipina membawa resiko tinggi bagi upaya penanganan dan pencegahan pandemi virus corona di Hong Kong.

Pasalnya, hampir setiap hari, rombongan kedatangan PRT asing asal Filipina selalu ditemukan yang terinfeksi virus corona dengan varian baru.

Hui menambahkan, situasi penanganan pandemi di Filipina termasuk buruk. Vaksinasi di dalam wilayah Filipina belum berlangsung secara masal. PRT asing yang dikirim ke Hong Kong dalam kondisi belum divaksin.

Menurut Hui, beberapa kalangan telah menyarankan, hanya PRT asing asal Filipina yang telah divaksin saja yang boleh diberangkatkan. Namun hal tersebut rupanya masih menjadi sebatas harapan hingga saat ini.

Bagaimana dengan PRT asal Indonesia ? Sampai berita ini diturunkan, polemik yang berkembang di kalangan pakar dan praktisi di Hong Kong fokus menyorot PRT asing asal Filipina lantaran berdasarkan data yang ada, disamping hampir setiap hari kedatangan mereka selalu ada yang positif terinfeksi virus corona, virus yang mereka bawa merupakan varian baru virus corona yang memiliki daya tular tinggi dibanding induknya. Sedangkan kedatangan PRT asal Indonesia, jumlahnya yang terinfeksi relatif jauh lebih rendah dibanding asal Filipina, dan tidak membawa virus varian baru. []

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply