November 25, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mengunyah Permen Karet Bisa Meminimalkan Telinga “Mbenging” Saat Naik Pesawat

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Pernah merasakan telinga berdengung saat pesawat yang kita naiki lepas landas atau bergerak di ketinggian yang berubah ? Kebanyakan orang mungkin pernah merasakan gangguan telinga ketika naik pesawat, baik saat lepas landas atau mendarat. Bagi sejumlah orang, hal ini cukup menyiksa, sementara yang lain menganggapnya hanya gangguan ringan.

Kendati demikian, itu tentu menimbulkan ketidaknyamanan. Ternyata, gangguan telinga itu bisa diatasi dengan mengunyah permen karet saat terbang. Ketidaknyamanan yang dirasakan di telinga adalah kondisi yang disebut barotrauma telinga.

Itu adalah tentang telinga bagian dalam yang disebut tabung eustachius, saluran kecil di belakang gendang telinga yang membantu menyamakan tekanan antara udara di luar dan di dalam telinga.

Sering kali, saat berada pada ketinggian yang konstan, tekanannya tetap sama.  Tetapi ketinggian yang berbeda memiliki tekanan udara yang berbeda.

Jadi, jika naik atau turun dengan cepat, seperti di pesawat atau bahkan lift, tabung eustachius tidak dapat mengikuti perubahan yang cepat dan tekanan menumpuk sehingga menyebabkan rasa sakit.

“Terlepas dari penstabil tekanan yang dimiliki setiap pesawat, tekanan udara sangat tiba-tiba sehingga udara yang terperangkap di telinga bagian dalam tidak memiliki cukup waktu untuk beradaptasi dengan perubahan tekanan atmosfer,” kata Dr. Nikola Djordjevic, seorang penasihat medis yang berbasis di Beograd, Serbia dikutip dari Travel and Leisure.

Ada beberapa cara untuk menciptakan keseimbangan di telinga saat naik pesawat, termasuk mengunyah permen karet.

“Saat kita mengunyah permen karet, kita membuka tabung eustachius dan membiarkan udara dengan tekanan atmosfer baru mencapai telinga bagian dalam kita,” kata Dr. Djordjevic.

“Prosesnya akan menghilangkan tekanan, sehingga membuat merasa lega.”

Namun, mengunyah permen karet di pesawat juga dapat menyebabkan kamu menelan udara sehingga memicu rasa kembung.

Ada beberapa metode alternatif lain untuk membuka telinga dan menyamakan tekanan termasuk menguap, menelan, manuver Valsava (mencubit hidung, menutup mulut, dan membuang napas), dan manuver Toynbee (mencubit hidung, menutup mulut, dan menelan).

Selain itu kamu juga dapat membeli penutup telinga khusus yang membantu telinga beradaptasi dengan tekanan yang berbeda dengan lebih lambat, sehingga dapat menghindari penumpukan tekanan yang menyakitkan. []

Advertisement