July 3, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Menjadi Perempuan Indonesia jangan Takut Bersaing

2 min read

JAKARTA – Perbankan terus mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sebagai salah satu bentuk implementasi keberlanjutan sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Sebagai wujud dukungan tersebut, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan talkshow Cerita untuk Masa Depan yang mengusung tema ‘Perempuan Berdaya, Berani Berkarya’ secara online di Jakarta, Jumat, (25/03/2022).

Talkshow Cerita Untuk Masa Depan Vol. 4 ini menampilkan pembicara inspiratif dari kalangan perempuan yang sukses berkarya dalam berbagai bidang.

Mulai dari Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan, Pemenang Community Link 2020 Nicky Clara, dan entertainer sekaligus pengusaha dan philanthropist Raline Shah.

Acara ini diharapkan dapat menggugah kesadaran dan mengajak partisipasi masyarakat luas dalam mendukung realisasi SDGs, khususnya tujuan nomor lima yaitu mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Pemberdayaan kaum perempuan kami angkat dalam talkshow ini untuk menginspirasi para perempuan di Indonesia agar terus berdaya dan berani berkarya. Karena sejatinya perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk bisa berkarya dan meraih sukses,” kata Lani Darmawan.

Ia menambahkan, agar perempuan di Indonesia dapat semakin berdaya, maka tidak perlu takut untuk bersaing, lebih percaya diri, dan senantiasa menjaga integritas.

Adapun bagi kaum perempuan yang berkarier di dunia profesional juga harus bisa menyeimbangkan perannya baik sebagai ibu, istri, maupun wanita karier, sehingga dapat mendukung keberhasilan di semua fungsi yang diembannya.

Sebagai perusahaan yang memiliki perhatian besar terhadap sustainability, sejauh ini CIMB Niaga telah mengimplementasikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan melalui berbagai kebijakan.

Di antaranya, mengusung nilai diversity (keragaman) dengan memberi kesempatan yang sama untuk setiap karyawan dalam mengembangkan karier, termasuk karyawan perempuan.

Dari sisi komposisi sumber daya manusia, keragaman juga diterapkan di CIMB Niaga mulai dari Dewan Komisaris dan Direksi hingga karyawan.

Saat ini, komposisi perempuan dalam jajaran Komisaris dan Direksi CIMB Niaga masing-masing 33%. Bahkan, posisi Presiden Direktur juga dijabat oleh perempuan. Adapun di tingkat karyawan, per 31 Desember 2021 jumlah karyawan perempuan mencapai 51 persen dari total karyawan CIMB Niaga.

Selain dari sisi operasional, CIMB Niaga juga menerapkan hal yang sama dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR), antara lain CIMB Niaga memiliki perhatian khusus pada pemberdayaan wanita di lokasi-lokasi kegiatan CSR.

Seperti di lokasi konservasi bambu Kawasan Hutan Penelitian (KHP) Rarung Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dan di Desa Nginamanu Flores, Nusa Tenggara Timur.

“Agar tujuan SDGs nomor lima dapat tercapai, kami mengajak semua pihak untuk turut mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, karena keberlanjutan merupakan tanggung jawab kita bersama. Dengan begitu, kita dapat menjaga keberlanjutan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, serta melaksanakan tata kelola yang mampu menjaga kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya,” ujar Lani. []

Advertisement
Advertisement