January 28, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Meskipun Nabati, Sayuran-Sayuran Berikut Ini Bisa Membuat Gemuk Lho

2 min read

JAKARTA – Sayuran tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan saja, tapi di antaranya ternyata bisa bikin gemuk.

Dikutip detik.com, sayuran termasuk jenis makanan padat nutrisi dan rendah kalori. Ahli gizi merekomendasikan untuk makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Demikian juga anak-anak yang disarankan banyak mengonsumsi sayuran dan buah.

Demikian juga dengan orang-orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan vitamin, serat hingga mineral pada sayuran diklaim mampu membantu mencukupi nutrisi sekaligus menurunkan berat badan.

Kendati demikian, tidak semua sayuran bisa menurunkan berat badan. Tapi ada beberapa jenis sayuran yang ternyata bisa membuat berat badan naik atau gemuk.

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa jenis sayuran yang dapat membuat badan lebih berisi alias gemuk:

 

  1. Kentang

Kentang bisa jadi pengganti nasi. Tapi jika dikonsumsi berlebihan kentang bisa bikin badan makin lebar.

Karbohidrat yang terkandung di dalam kentang jadi biang kerok penambah berat badan. Karbohidrat dari kentang ini membantu menyimpan lemak yang tidak terbakar di dalam tubuh dalam bentuk lemak berlebih.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi kentang dalam bentuk sayuran yang dimasak dan hindari mengkonsumsinya secara berlebihan dalam bentuk kentang goreng, stik kentang atau keripik kentang.

 

  1. Labu

Meskipun kandungan gula pada labu tidak setinggi di wortel dan jagung, tapi dia tinggi kalori. Selain itu, menukil laman NDTV, labu juga merupakan sayuran bertepung yang dapat menambah berat badan.

 

 

  1. Wortel

Jika Anda berpikir mengunyah wortel bisa bikin berat badan turun, sebaiknya pelajari lagi. Melansir Readers Digest, wortel mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat berat badan naik terutama saat dikonsumsi berlebihan.

 

  1. Jagung

Hilangkan jagung dari daftar makanan diet saat Anda berusaha menurunkan berat badan. Jagung mengandung gula yang cukup tinggi. Gula pada jagung juga bisa menjadi katalisator kenaikan berat badan.

Gula membuat hormon tidak seimbang, termasuk insulin dan kortisol. Hal ini bisa memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan kalori sebagai lemak.

 

  1. Kacang hijau

Kacang hijau adalah sayuran yang tinggi serat dan protein. Keduanya diperlukan untuk mengisi bahan bakar dan mengatur makanan dalam tubuh.

Menariknya, kacang hijau juga kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber utama penambahan berat badan.

Oleh karena itu, penting berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa banyak yang dapat Anda konsumsi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kenaikan berat badan yang tidak perlu.

Nah, itulah beberapa sayuran yang bisa membuat seseorang jadi gemuk. Semoga bermanfaat. []

Advertisement
Advertisement