March 5, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

“Pak, Nama Ikan Aja, Pak”

1 min read
Informasi Pendaftaran Pemilih

HONG KONG – Nampaknya, kebiasaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertanya tentang nama-nama ikan dan bagi-bagi sepeda saat melakukan kunjungan kerja telah melegenda dan selalu diingat oleh rakyat Indonesia. Diantara mereka, disinyalir, berusaha menghafalkan nama-nama ikan, begitu mengetahui Presiden akan mengunjungi tempat mereka tinggal.

Hal itu juga berlaku bagi pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong. seorang PMI bernama Sri Syafaatun, bahkan meminta Presiden untuk memberikan pertanyaan tentang nama-nama ikan, begitu dia terpilih untuk naik ke panggung acara Temu Kangen Presiden RI dan Ibu Negara di Hall 8 Asia World Expo, Minggu (30/4). “Pak, nama ikan aja, Pak,” ujar PMI asal Kendal, Jawa Tengah, ini kepada Presiden, yang tentu saja disambut gemuruh gelak tawa ribuan warga Indonesia di acara tersebut.

Namun, Presiden tidak mengabulkannya. “Pertanyaannya kepada Syafa. Kita ini memiliki 34 provinsi. Sebutkan 5 saja,” ujar Jokowi.

“Provinsi Jawa Tengah, provinsi Jawa Timur, provinsi Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat,” jawab Syafaatun.

Akhirnya, mesksipun tidak ditanya soal nama-nama ikan yang mungkin sudah dihafalkannya sejak berhari-hari, Syafaatun tetap berhasil menggondol hadiah sepeda dari Presiden. “Nanti sepedanya dikirim di Hong Kong atau di Kendal?” Tanya Jokowi.

“Di Kendal,” jawab Syafaatun. [Razak]

Advertisement
Advertisement