June 16, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pemerk0sa Perempuan Berbaju Super Seksi Diputus Bebas

2 min read

DUBLIN – Keputusan hakim di Criminal Courts of Justice, Dublin,                Irlandia pada Selasa (13/11/2018) siang kemarin membuat gempar dunia. Pasalnya, putusan hakim tersebut menuai pro kontra saat menyidangkan perkara pemerk0saan yang dilakukan oleh seorang pria bernama Cork berusia  27 tahun terhadap korbannya bernama Connell berusia 17 tahun menyatakan Cork diputuis bebas dari segala bentuk kesalahan tindak kriminal pemerk0saan yang dia lakukan terhadap Connell dua bulan sebelumnya.

Dinukil dari Zao Bao, Hakim beralasan, peristiwa kriminal tindak pemerk0saan yang dilakukan Cork disebabkan oleh penampilan korban yang dianggap membuat Cork yang semula tidak memiliki niat berbuat jahat, diundang untuk melakukan kejahatan seksual tersebut.

Dalam persidangan terungkap, hakim menyatakan sebagaimana barang bukti yang di hadirkan berikut kesaksian beberapa orang, korban saat kejadian sedang mengenakan pakaian dalam yang disamping super mini, juga berlubang di bagian depan. Korban mengenakan mini thong transparan berenda di publik area saat berjemur di sebuah lapangan rumput.

Keputusan tersebut merupakan hasil dari musyawarah panel hakim yang beranggotakan 12 orang hakim, dimana 8 hakim pria dan 4 hakim wanita didalamnya.

Meskipun mendatangkan sikap pro dan kontra, hampir secara keseluruhan warga yang mengomentari keputusan tersebut menyebut, penampilan korban tetap tidak bisa dibenarkan.

Pengamat lokal di Dublin menyebut, keputusan tersebut merupakan sebuah inovasi penting, lantaran menurutnya saat ini semakin marak perempuan berpenampilan diluar kewajaran di tempat umum. Dengan keputusan tersebut, diharapkan, akan membuat perempuan di kota Dublin  lebih mawas diri dengan penampilan mereka agar tidak mengundang kejahatan.

Dari sisi perkembangan moral anak dan remaja, penampilan perempuan seperti terdakwa, menurut pengamat tersebut merupakan hal buruk yang potensial merusak norma dan moralitas generasi muda. []

Advertisement
Advertisement