May 17, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pemprov Jatim Sosialisasikan Prosedur Adopsi Anak

1 min read

SURABAYA – Upaya pelayanan kesejahteraan sosial anak, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur mengadakan Kegiatan Sosialisasi Pengangkatan Anak, Rabu – Kamis (15-16 Maret 2022) di Hotel Aria Centra, Surabaya.

Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini diharapkan agar peserta dapat memahami dan mensosialisasikan kepada masyarakat, mengenai peran-peran penting terhadap proses-proses adopsi atau pengangkatan anak.

Adapun peserta pada sosialisasi ini juga diikuti oleh pekerja sosial di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang. Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, mengatakan, sosialisasi seperti ini diperlukan untuk mempermudah bagaimana proses-proses dalam kepengurusan pengangkatan anak.

Pada kesempatan tersebut, hari pertama kegiatan sosialisasi dipaparkan materi pertama mengenai Peran Kependudukan Dalam Pemenuhan Hak Sipil Anak yang dinarasumberi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Prov Jatim, Dra. Restu Novi Widiani, MM.

Pada kesempatan ini, Restu menyampaikan, administrasi kependudukan sangat penting bagi anak terutama untuk keabsahan identitas serta sebagai perlindungan status hak-hak sipil penduduk anak.

Selanjutnya materi kedua mengenai Peran Kementrian Hukum dan HAM diwilayah Provinsi dalam Penanganan Kasus Adopsi yang dinarasumberi oleh Kepala Bidang Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Timur, Dra. Wiwit Purwani Iswandari, SH., MH.

Dalam kesempatan tersebut Wiwit berharap adanya sinergi yang baik antara Bidang Hukum, HAM, dan sosial untuk mengoptimalisasi peran terhadap penanganan kasus adopsi anak. []

Sumber Kominfo Jatim

Advertisement
Advertisement