December 6, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pentingnya Kemasan Dalam Menjual Produk

3 min read
-

ApakabarOnline.com – Kemasan produk memang menjadi hal yang penting untuk menyampaikan apa yang produk kita jual. Apalagi selama pandemi ini banyak usaha rumahan yang serupa bermunculan sehingga membutuhkan pembeda agar memiliki nilai beli.

Biasanya kemasan produk sendiri dibangun industri besar seperti makanan, minuman, fesyen, hingga elektronik agar memberikan kesan menarik pada penampilan kemasan produk.

Kemasan produk ini sendiri merupakan metode mendekatkan produk kepada konsumen dan terbukti berhasil memikat orang dari waktu ke waktu.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sendiri kini pun harus mengikuti apa yang dilakukan industri besar. Saat ini memang baru sedikit UMKM yang menggunakan branding, namun seiring dengan waktu produk kemasan itu sangat penting.

Untuk itu, simak sejumlah alasan betapa pentingnya kemasan produk terutama bagi kamu yang mau mulai berbisnis:

 

  1. Memberikan Daya Tarik

Dalam persoalan kemasan produk dari sisi daya tarik menjadi faktor utama, bisa saja dengan produk yang sama, kualitas yang sama, dan harga yang sama. Tetapi kemasan produk yang berbeda, maka tingkat penjualannya berbeda karena kurang menariknya kemasan produk yang ditampilkan.

Selain memberikan perlindungan terhadap produk yang dijual, kemasan produk yang menarik juga mampu menigkatkan penjualan. Bahkan jika desain yang unik dan menggunakan bahan material yang bagus konsumen enggan membuangnya.

Bagi UMKM bisa menggunakan jasa desain kemasan produk sesuai dengan produk yang dijual, dan target pasar yang dituju. Hal ini agar kemasan produk tidak salah sasaran dan menjadi nilai lebih sebuah produk.

 

  1. Membangun Kepercayaan

Dengan menggunakan kemasan produk yang baik dan menarik, secara tidak langsung penjual juga membangun kepercayaan kepada konsumennya. Hal ini dilihat dari kemasan produk yang memberikan informasi produk secara jelas. Kemudian kode produksi, tanggal kadaluarsa produk, standar keamanan produk, hingga sertifikasi halal dari lembaga berwenang.

Dengan informasi yang lengkap, hal ini tentu menjadi menarik dan informatif. Tetapi yang perlu diingat adalah meringkas informasi secara bijak, dengan menyesuaikan desain dan tata letaknya.

Sebab, kepercayaan konsumen juga penting, dan menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli sebuah produk, jika informasi tidak jelas, maka konsumen juga enggan membeli produk tersebut.

 

  1. Membuat Ciri Khas

Kemasan produk juga menjadi ciri khas sebuah produk dan memberikan kemudahan konsumen mengenali produk yang dijual.

Bahkan beberapa industri makanan di Indonesia terus mempertahankan identitas yang dijualnya. Seperti logo, warna, hingga desain kemasan, hal ini semata-mata untuk mempertahankan ciri khas yang melekat pada produk.

 

  1. Membuat Perbedaan

Jika kamu memasarkan produk yang sama dengan pebisnis lain, kemasan produk dapat jadi strategi untuk membuat perbedaan. Kemasan akan jadi identitas bisnis kamu.

Jika kemasan produknya menarik, konsumen dapat lebih mudah mengingat bisnis kamu dan tahu apa yang membedakan bisnis milikmu dengan bisnis lain yang menjual produk yang sama. Kamu bisa membuat produk Anda terlihat spesial dengan adanya kemasan produk yang unik.

 

  1. Memengaruhi Keputusan Membeli

Dalam desain kemasan, kamu tentu mencantumkan informasi terkait produk Anda. Misalnya, variasi menu yang ditawarkan, logo brand, alamat dan media sosial, hingga kata-kata promosi.

Selain desain yang menarik, informasi dan kata-kata yang kamu cantumkan dalam kemasan harus bisa mewakili kebutuhan konsumen. Serta memberi solusi bagi mereka. Informasi yang dicantumkan di kemasan, bisa memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli (lagi) produk Anda.

Misalnya seperti kemasan produk kamu dengan jelas mencantumkan makanan non diary, nantinya ini tentu akan menjadi daya tarik untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Atau kemasan dengan ciri khas warna-warni dengan mencatumkan produk anak-anak, tentu ini akan mempengaruhi siapa konsumen yang ingin kamu tuju.[]

Advertisement
Advertisement